Home / Daerah / Warga Tidak Mampu di Sikka Terima Sambungan Listrik Gratis

Warga Tidak Mampu di Sikka Terima Sambungan Listrik Gratis

Foto: PLN
Foto: PLN

Bagikan Halaman ini

Share Button

Maumere–Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sikka memberikan bantuan kepedulian kepada warganya berupa sambungan listrik di wilayah Kabupaten Sikka Provinsi NTT yang belum menikmati layanan listrik.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU Februari 2019 lalu.

CSR dari Pemda Sikka telah tersambung sebanyak 376 Rumah dan di tahun ini 2019 Pemda Sikka Merencanakan penambahan CSR penyambungan listrik lagi, kata Manajer PT (PLN) Unit Pelayanan Pelanggan Wilayah Flores Bagian Timur, Lambas Pasaribu dan Pihaknya masih terus melayani sambungan listrik di Sikka.

Atas bantuan CSR Pemda tersebut, GM PLN NTT Ignatius Rendroyoko mengapresiasi Bupati Sikka yang telah bersinergi dengan PLN memperhatikan masyarakatnya yang tidak mampu menikmati listrik,

“Terima kasih Pemda Sikka, Semoga diikuti oleh Pemerintah Daerah lainnya mengingat upaya dan kerja keras PLN untuk membangun Listrik di seluruh pelosok Nusa Tenggara Timur harus mendapat dukungan dari semua pihak terutama Pemerintah Daerah.”jelasnya.

PLN telah berjuang menyiapkan material dan melayani dari sisi pembangkitan, transmisi, distribusi hingga ke pelanggan, akan tetapi kemampuan masyarakat menyambung perlu dibantu. Dalam hal ini kepedulian Pemda Sikka dalam CSR membantu warga ini merupakan awal yang baik.

Baca Juga :  Lantamal VII Kupang Tegaskan Netral di Pemilu 2019

Bupati sikka F. Roberto Diogo, S.Sos,. M.Si menyambut baik pelaksanaan MoU dengan PLN, “ harapannya seluruh Rakyat Kabupaten Sikka pada tahun 2020 Indonesia terang , Sikka Terang” ungkap Robi Idong

Sesuai visi dan misi, “semakin terpenuhinya hak-hak dasar”, Pemkab Sikka akan membantu pemasangan listrik untuk 2.082 rumah yang masih belum bisa menyambung listrik, terutama di wilayah pegunungan dan pulau-pulau melalui program listrik gratis.

Dalam MoU tentang Pemasangan listrik sambungan rumah bagi masyarakat di Wilayah Kabupaten Sikka dijelaskan bahwa pemda melakukan pendataan dan mengidentifikasi serta melakukan verifikasi seluruh masyarakat/calon pelanggan dalam wilayah Sikka, kemudian diverifikasi teknis oleh PLN.

Selanjutnya yang lolos verifikasi teknis, biaya penyambungan dan administrasi telah dilunasi oleh Pemda maka dilakukan Penyambungan Baru.

Masyarakat dimintai data , alamat dan NIK oleh Pemda disesuaikan dengan prioritas dan kemampuan keuangan daerah. Dukungan Pemda tidak hanya membiayai penyambungan namun juga memfasilitasi PLN untuk percepatan pembangunan/perluasan jaringan dan instalasi listrik di Wilayah kabupaten sikka, Pemasangan listrik tersebut dilaksanakan secara bertahap.

Terkait sumber pasokan listriknya, Lambas Pasaribu menjelaskan pasokan daya listrik untuk wilayah kepulauan yang belum terlistriki akan diambil dari pembangkit listrik tenaga surya.

Baca Juga :  AJI, PWI, IJTI dan IWO Deklarasi Pilkada Damai

“Jika sudah terlistriki semua, tahapan selanjutnya di wilayah dusun. Saat ini dari 160 desa , sudah dilistriki sebanyak 148 desa, sisa 12 Desa di Kepulauan. Pekerjaan ini akan dilakukan bertahap. Desa dulu baru nanti ditarik jaringannya ke dusun- dusun dan tidak hanya itu, kedepannya PLN di Sikka juga mengajak investor untuk datang berinvestasi dimana saat ini listrik di Kabupaten Sikka sudah sangat memadai ditambah lagi Dengan telah beroperasinya PLTMG Wairita yang berkekuatan 40 Megawatt sehingga pasokan daya lebih maksimal lagi dan investor bisa berinvestasi untuk ekonomi dan kesejahteraan Sikka yang lebih baik.“ungkap Lambas Pasaribu.

Saat ini PLN masih terus meningkatkan Rasio Desa Berlistrik maupun Rasio Elektrifikasi, dimana Rasio ELektrifikasi PLN NTT hingga Mei 2019 sudah mencapat 72,23% dan rasio desa berlistrik sudah 87,09%.

Masih banyak masyarakat NTT yang belum menikmati listrik padahal PLN sudah membangun Jaringan Listrik di beberapa desa tapi masyarakatnya tidak mampu, semoga apa yang dilakukan oleh Pemda Sikka memberikan listrik gratis masyarakatnya yang tidak mampu memberikan contoh pemda kabupaten lainnya tutup Rendroyoko. (*)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda