Home / Bisnis / Warga Kota Kupang Sudah Bisa Tarik Uang NKRI Melalui ATM

Warga Kota Kupang Sudah Bisa Tarik Uang NKRI Melalui ATM

Uang NKRI/Model: Elisabeth/Karyawan Bank OCBC NISP/Foto: Gamaliel
Uang NKRI/Model: Elisabeth/Karyawan Bank OCBC NISP/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Deputi Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) Fauzi Amir mengatakan warga Kota Kupang sudah bisa menarik uang rupiah emisi 2016 atau uang NKRI melalui anjungan tunai mandiri (ATM).

Namun penempatkan uang NKRI di ATM masih berbatas karena sejumlah perbankan masih menyesuaikan mesin ATM dengan ukuran uang yang baru. “Ada beberapa ATM sudah diisi dengan uang NKRI yang bisa ditarik oleh warga di Kota Kupang,” kata Fauzi Amir kepada wartawan, Sabtu (17/6).

Di antaranya ATM milik Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Bandara El Tari dan satu ATM lagi di kantor cabang BRI Jalan Soekarno. Selain itu, sejumlah mesin ATM milik Bank Mandiri juga sudah menyediakan uang NKRI. Penempatan uang baru di ATM bertujuan memperluas peredaran uang baru di masyarakat.

Baca Juga :  Pertumbuhan Ekonomi NTT dan Nasional Sama-sama 5,01%

Menurut Fauzi dalam waktu dekat sejumlah perbankan juga akan menempatkan uang baru di ATM mereka. “Saat ini baru BRI yang menerapkan hal itu. Dan kemungkinan dalam waktu dekat beberapa bank juga akan mengikutinya,” ujar Fauzi.

Kendati masih terbatas, warga juga dipersilahkan menukar pecahan rupiah desain baru di loket perbankan maupun di loket Bank Indonesia.

Untuk kebutuhan ramadan hingga lebaran, Bank Indonesia Perwakilan NTT menyiapkan uang emisi baru sebanyak 2,6 triliun. Namun sampai Minggu, baru Rp970 miliar yang sudah ditukar oleh warga bersama perbankan. (sumber: mi)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda