Home / Lingkungan / Walhi NTT Ajak Warga Pilih Pemimpin yang Peduli Lingkungan

Walhi NTT Ajak Warga Pilih Pemimpin yang Peduli Lingkungan

Konsultasi Daerah Walhi NTT/Foto: Walhi
Konsultasi Daerah Walhi NTT/Foto: Walhi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nusa Tenggara Timur mengajak warga di daerah itu memilih calon kepala daerah yang berkomitmen pada kelestarian lingkungan dan perlindungan wilayah kelola rakyat.

Tema kegiatan inii ialah ‘Memperkuat Wilayah Kelola Rakyat di Kepulauan Menuju Kemandirian Pangan dan Air.’

Ajakan itu merupakan satu dari enam rekomendasi Walhi yang ditetapkan dalam Konsultasi Daerah Lingkungan Hidup yang digelar Walhi NTT di Kupang 19 April 2017.

Direktur Eksekutif Daerah Walhi NTT Umbu Wulang T. Paranggi mengatakan konsultasi daerah lingkungan hidup merupakan momentum untuk mengkonsolidasi gerakan-gerakan kelestarian ekologis di NTT. KDLH juga untuk merivew mandat-mandat Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH).

“Konsultasi ini memberikan rekomendasi-rekomendasi terkait dengan upaya-upaya kelestarian ekologi dan perlindungan wilayah ekologi rakyat,” ujarnya.

Baca Juga :  Paus Sepanjang 4,60 Meter Terdampar di Rote Tengah

Rekomendasi lainnya ialah pemerintah daerah NTT harus membangun penguatan dan perluasan dan perlindungan wilayah kelola rakyat di sektor pangan dan sumber daya air, memastikan keselamatan rakyat di pulau-pulalu kecil, menghentikan perijinan pertambangan mineral dan batu bara, mendorong pemerintah NTT membuat peraturan terkait dengan perhutanan sosial dan tanah objek reforma agraria salah satunya membentuk pokja Perhutanan Sosial, pemerintah harus fokus pada sektor kemandirian pangan dan air di pulau-pulau karena saat ini NTT adalah propinsi dengan impor sektor konsumsi tertinggi di Indonesia mencapai 82%. (gma)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda