Home / Bisnis / Wakil Bupati Flotim Temukan Penyimpangan Manifes Kapal Tol Laut

Wakil Bupati Flotim Temukan Penyimpangan Manifes Kapal Tol Laut

Tol Laut/Foto: Kementerian Perhubungan
Tol Laut/Foto: Kementerian Perhubungan

Bagikan Halaman ini

Share Button

Larantuka–Wakil Bupati Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur Agustinus Payong Boli menemukan penyimpangan manifes kapal tol laut saat sandar di pelabuhan setempat.

“Saya melakukan sidak ke kapal tol laut dan menemukan ada kontainer di kapal itu memuat batako,” ujarnya, Senin (4/9). Tujuan utama tol laut untuk mendukung kelancaran distribusi sembilan bahan pokok (sembako) pangan.

Sidak dilakukan bersama petugas Pelni Larantuka bersama kapten kapal tol laut pada 23 Agustus 2017 pukul 23.30 Wita, setelah beredar informasi yang menyebutkan kapal tol laut mengangkut bahan bangunan. Selain itu, harga bahan pangan di toko-toko di Larantuka, ibu kota Flores Timur tidak pernah turun.

Padahal menurut Dia, kapal tol sudah beroperasi selama satu tahun menyinggahi Pelabuhan Larantuka dan pelabuhan lainnya di Nusa Tenggara Timur. “Kapal tol laut itu disubsidi sampai 70 persen dengan tujuan sembako dijual dengan harga murah,” ujarnya.

Baca Juga :  Listrik di Pulau Ende sudah Menyala 24 Jam

Temuan lain ialah barang-barang yang diangkut kapal tol laut milik pengusaha tertentu di daerah itu. “Ini sudah terjadi monopoli perdagangan sehingga harus diberi tindakan,” kata Dia.

Pengusaha yang memonopoli perdagangan melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 yang mengatur tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Agustinus menyebutkan temuan tersebut sudah dilaporkan ke polisi. “Saya melihat ada unsur tindak pidana,” ujarnya.

Ia juga minta pemerintah pusat mengevaluasi dan memperbaiki angkutan tol laut sehingga benar-benar sesuai dengan gagasan Presiden Joko Widodo untuk membantu masyarakat menekan disparitas harga. Evaluasi dapat mencegah para mafia menyalahgunakan kapal tol laut yang akhirnya merugikan masyarakat Flores Timur. (MI/palce amalo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda