Home / Travel / Wairinding Jadi Objek Wisata Favorit di Sumba Timur

Wairinding Jadi Objek Wisata Favorit di Sumba Timur

Wairinding. Foto: Lintasntt.com
Wairinding. Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Waingapu–Perbukitan Wairinding di Desa Pambota Jara, Kecamat­an Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, telah berkembang menjadi salah satu objek wisata alam favorit di daerah itu. Lokasi yang berjarak sekitar 25 kilometer di selatan Waingapu, ibu kota Sumba Timur, itu merupakan hamparan sabana yang cukup luas dengan panorama lembah dan perbukitan.

Wairinding kian dikenal luas setelah dijadikan lokasi pembuatan film Pendekar Tongkat Emas yang dibintangi Eva Celia, Christine Hakim, dan Nicholas Saputra. Sejumlah artis Ibu Kota juga pernah datang ke sana untuk berfoto.

“Kami menyebut lokasi ini dengan nama wisata seribu bukit dan ini menjadi objek wisata kebanggaan kami saat ini,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Timur Risparia Ranggambani kepada wartawan di lokasi tersebut, Jumat (1/2).

Baca Juga :  Dinparekraf NTT Gelar Forum Mitra Usaha Pariwisata

Tidak sulit menemukan lokasi ini karena terletak hanya sekitar 50 meter dari sisi jalan trans Sumba. Karena itu, traveler yang melintasi ruas jalan tersebut sering mampir ke perbukitan tersebut untuk swafoto. Menurut Risparia, setiap pekan ratusan orang mampir ke Wairinding, entah wisatawan asing ataupun wisatawan lokal.

Bukit dengan pemandangan lanskap yang sangat indah. Gundukan tanah berwarna hijau pada saat musim peng­hujan sekarang ini. Udara di Wairinding sangat bersih dan asri. Bukit Wairinding juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati senja.

Di lokasi itu juga sudah disiapkan sarung bermotif Sumba yang bisa disewa pengun­jung untuk berfoto seharga Rp50 ribu per pengun­jung, atau bisa naik kuda sambil mengenakan sarung Sumba dengan membayar Rp100 ribu per orang.

Baca Juga :  Daniel Whitehouse Menangi Etape Maumere-Ende

Karena jumlah pengunjung ke Wairinding terus bertambah setiap pekan, saat ini Dinas Pariwisata setempat mulai melakukan pembenah­an, antara lain membersihkan sampah dan rumput di jalan setapak menuju lokasi tersebut, serta memajang papan nama yang bertuliskan ‘Bukit Wairinding’.

“Setiap pengunjung yang datang ke sini menikmatinya secara gratis, ke depan akan ditata sehingga bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah,” kata dia.

Selain Wairinding, Sumba Timur juga memiliki sejumlah lokasi favorit, antara lain Pantai Wisat Landa Lima di Kecamatan Kanatang, Kota Waingapu, Pantai Walakiri Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, yang juga rutin dikunjungi wisatawan daerah itu. (sumber: media indonesia/palce amalo)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda