Home / Nasional / Unilever Kumpulkan Rp720 Juta Bangun Desa Bitobe

Unilever Kumpulkan Rp720 Juta Bangun Desa Bitobe

Bagikan Halaman ini

Share Button

Adina Tontey/Foto: gba

Adina Tontey/Foto: gba

Kupang–Lintasntt.com: PT Unilever Indonesia Tbk melalui program ‘Lifebuoy’ mengumpulkan dana Rp720 juta yang akan didonasikan untuk peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Bitobe, Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dana sebesar itu terkumpul lewat program ‘5 Tahun Bisa’ sejak 23 Oktober-30 November 2013. Setiap orang yang mendukung program ini masing-masing mendonasikan Rp100 yang kemudian didonasikan untuk Bitobe. Selama periode pengumpulan dukungan, masyarakat yang memberikan dukungan berjumlah 7.215.020 orang. Dengan demikian dana yang terkumpul lebih dari Rp720 juta.

Senior Brand Manager Lifebuoy Unilever, Adina Tontey mengatakan dana tersebut akan dimanfaatkan untuk perbaikan infrastruktur air bersih, dan pembangunan sarana sanitasi demi menunjang perilaku edukasi pembentukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) terutama Cuci Tangan pakai Sabun di desa tersebut.

Baca Juga :  Jokowi Kunjungi RPH dan Pasar Tradisional Oeba

“Tahap pertama implementasi program ‘5 Tahun Bisa’ akan dilaksanakan mulai April 2014-April 2015 dan akan menjangakau sekitar 1.437 warga Desa Bitobe,” ujar Adina.

Fokus program ini di Bitobe karena merupakan desa yang tidak memiliki informasi mengenai cara hidup sehat, dan akses fasilitas sanitasi rendah. Bitobe berbukit-bukit dengan kondisi infrastruktur jalan yang belum beraspal sehingga pada musim hujan tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Ia mengatakan implementasi program ini dilakukan oleh CIS Timor, lembaga swadaya masyarakat (LSM) mitra Unilever. Selama enam bulan pertama, akan dibangun infrastruktur akses air bersih, fasilitas cuci tangan di sekolah dan sanitasi di lingkungan masyarakat dan sekolah. “Pada saat bersamaan akan dilakukan penguatan kader kesehatan dan sanitasi di tingkat masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Listrik dan Internet Jadi Kendala Program Elektronifikasi di NTT

Sejalan dengan program Unilever Sustainable Living Plan (USLP), lewat salah satu pilar USLP yang berfokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan, Unilever secara global berkomitmen untuk membantu lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia meningkatkan kebiasaan hidup bersih pada 2020. Di Indonesia, program ini merupakan bagian dari misi sosial Lifebouy berbagi sehat yang dilakukan sejak 2004 di 10 provinsi.

Adapun program ‘5 Tahun Bisa’ tersebut merupakan langkah nyata Unilever Indonesia dalam mengedukasi dan mengajak lebih banyak masyarakat untuk membentuk PHBS yang salah satunya melalui cuci tangan pakai sabun untuk mencegah penyakit menular yang membahayakan kesehatan. (gba)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda