Home / Nasional / Uang Logam Bergambar Herman Johannes Terbit 19 Desember

Uang Logam Bergambar Herman Johannes Terbit 19 Desember

Pahlawan Nasional Herman Johannes asal Rote/Wikipidia
Pahlawan Nasional Herman Johannes asal Rote/Wikipidia

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jakarta–Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan 11 pecahan mata uang baru yang terdiri dari 7 uang kertas dan 4 uang logam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 19 Desember 2016.

Pecahan mata uang terbaru itu antara lain uang kertas dengan nominal R100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, Rp1.000 dan pecahan uang logam bernominal Rp1.000, Rp500, Rp200, dan Rp100 tahun emisi (TE) 2016.

Pada bagian depan uang kertas dan uang logam tersebut, terdapat gambar 12 pahlawan nasional. Salah satunya gambar Pahlawan Nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johannes asal Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gambar Herman pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp100 (seratus rupiah).

Baca Juga :  Menteri Desa Tarik Tambang dan Gendong Anak Kecil di Perbatasan Timor Leste

“Rencananya terbit 19 November 2016. Pencetakan uang baru ini dilakukan untuk penguatan unsur pengaman pada uang Rupiah TE 2016 dilakukan untuk meminimalisasi tingkat pemalsuan uang,” kata Deputi Gubernur BI Bidang Pengelolaan Rupiah, Suhaedi, Kamis (8/12).

Sebagai penyeragaman, uang rupiah di bagian depan menampilkan gambar pahlawan nasional yang mewakili seluruh wilayah Indonesia, sedangkan bagian belakang (hanya uang kertas) menggambarkan tarian dan keindahan alam Nusantara.

Meskipun uang NKRI baru diterbitkan, uang rupiah yang lama masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah sampai BI secara resmi menariknya dari peredaran. Kesebelas uang baru tersebut memenuhi seluruh ciri-ciri fisik berdasar UU Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011.

Baca Juga :  Matahari akan Terbit dari Barat Bumi?

“Ciri-ciri fisik itu antara lain, lambang Garuda Pancasila, frase Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tanda tangan pemerintah dan BI, serta tahun cetak dan tahun emisi,” paparnya.

Selain gambar yang mengalami perubahan, kelak uang rupiah pecahan kertas yang baru juga turut ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. “Selain Gubernur Bank Indonesia, dalam uang kertas juga akan ada tanda tangan Menteri Keuangan,” ujar Suhaedi. (kurs rupiah)’

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda