Home / Dunia / Tujuh Negara Hadiri Festival Budaya Melanesia di Kupang

Tujuh Negara Hadiri Festival Budaya Melanesia di Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
Foto: Gamaliel

Foto: Gamaliel

Kupang–Lintasntt.com: Festival budaya Melanesia 2015 digelar di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai 26-30 Oktober diikuti tujuh negara termasuk Indonesia.

Wakil dari negara lainya yang akan menghadiri festivalini ialah Fiji, Kepulauan Salomon, Timor Leste, Papua Nugini, Vanuatu, dan Kaledonia Baru.

Melanesia atau kepulauan yang warganya berkulit hitam dan berambut keriting, memanjang dari Maluku ke bagian timur hingga Pasifik bagian barat, utara dan timur Laut Australia.

“Negara yang berbudaya Melanesia ini berkumpul untuk terus menjalin kerjasama. Melalui hubungan komunikasi budayak ingin menciptakan dunia yang damai,” ujar Gubernur NTT Frans Lebu Raya dalam jumpa pers di Kupang, Sabtu (24/10) seperti diberitakan Media Indonesia.

Pertemuan ini bertujuan mencari kesamaan di antara keragaman budaya di antara negara-negara Melanesia. Kegiatan akbar ini akan dihadiri antara 700-800 orang yang sebagian besar berasal dari NTT. Selama kegiatan, akan digelar pameran, simposium, pemutaran film, dan pentas budaya.

Baca Juga :  Australia Tangkap 13 Nelayan Indonesia di Laut Timor

Pertemuan ini diharapkan meningkatkan pemahaman mengenai penduduk Melanesia dan budayanya serta mendorong kerja sama dalam berbagai aspek seperti pendidikan, ekonomi dan budaya.   Menurut Frans, di Indonesia, hanya lima provinsi yang menjadi kelompok Melanesia yakni NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Adapun di NTT ras Melanesia hanya terdapat di 11 dari 23 kabupaten dan kota yakni Kupang, Alor, Flores Timur, Lembata, Sikka, Ende, Ngada, Negekeo, Timor Tengah Selatan, Malaka dan Belu.

Festival Budaya Melanesia tersebut merupakan pertama kalinya di Indonesia setelah penandatanganan deklarasi Melanesia yang di Papua pada Mei lalu. Adapun Indonesia baru tergabung menjadi anggota Melanesia pada 2014.

Baca Juga :  Perempuan Pengunjung Taman Safari Tewas Diterkam Harimau

Sekitar empat film akan diputar pada fistival ini dipusatkan di Aula El Tari yakni Atambua 39 C, Tanah Mama, Cahaya Dari Timur, dan Beta Maluku. “Untuk sementara, aula El Tari dijadikan bioskop,” ujarnya. (sumber: mediaindonesia/palce amalo)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda