Home / Hiburan / Trik Dapatkan Foto Instagramable Modal HP

Trik Dapatkan Foto Instagramable Modal HP

Lokasi: Tabanan, Bali. Foto: Lintasntt.com
Lokasi: Tabanan, Bali. Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

DARI sekian banyak objek foto yang dikejar fotografer, ada yang diambil di tempat atau suasana gelap atau minim pencahayaan. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi fotografer buat menghasilkan foto yang bagus.

Selama ini orang beranggapan bahwa menghasilkan foto bagus di tempat minim cahaya hanya bisa dilakukan pakai kamera DSLR. Padahal, pakai smartphone atau handphone (HP) bisa. Asalkan kamu menguasai trik-triknya.

Berikut, trik memotret menggunakan kamera HP.

1. Manfaatin exposure dengan tepat.

Atur manual fitur ini untuk mengompensasi tampilan kamera saat hendak membidik objek itu ke arah terang atau gelap.

Soalnya, terkadang exposure compensation yang otomatis dimiliki kamera HP-mu nggak selalu sesuai, apalagi kalau di tempat gelap. Kamu bisa mengaturnya naik ke arah positif (tanda +) untuk membuat foto lebih terang, atau bisa menurunkan ke arah negatif (tanda -) untuk lebih gelap.

2. Kenali kelebihan HP-mu.

Sekarang ini udah banyak HP dengan kamera bawaan canggih. Kamu bisa utak-atik mengenali fitur-fiturnya sebelum memutuskan membidik objek di tempat atau suasana gelap.

Kamu juga bisa manfaatin teknologi dual rear camera Advan A8 yang bantuin kamu dapetin foto apik, sekalipun di tempat atau suasana gelap. Dual rear camera Advan A8 ini mengadopsi kamera Sony IMX258 beresolusi 13 MP + OV 5 MP. Kamera utama yang 13 MP menggunakan kecanggihan teknologi Phase Detection Autofocus (PDAF) yang mampu memberikan gambar dengan kualitas tinggi. Sedangkan vice camera yang 5 MP memberikan kedalaman persepsi, triangle focus principle, dan menghasilkan gambar dengan kedalaman penuh.

Teknologi PDAF dalam kamera utama ini mempermudah kamu untuk membidik objek yang bergerak, atau yang letaknya jauh maupun dekat, dengan cepat dalam waktu 0,3 detik. Adanya fitur refocus dalam teknologi ini juga semakin memudahkan kamu. Sebab, kamu nggak perlu khawatir dengan adanya gangguan yang dapat merusak foto kamu. Jadi, kamu nggak perlu takut kehilangan momen dengan kecepatan bidikannya dan kamu bisa memotret sesuai keinginan.

3. Manfaatkan fitur refocus.

Nah, ini salah satu teknologi fitur kamera HP yang patut kamu sadari dan manfaatin betul-betul. Bukan cuma kecepatan dalam membidik objek, kamera HP dengan fitur refocus juga membantumu dapetin foto yang bagus.

Baca Juga :  Tiket Konser Slank di Kupang Sudah Terjual 4.550 Lembar

Adanya fitur ini membuat kamu nggak perlu khawatir dengan gangguan yang dapat merusak hasil jepretanmu. Sebab, kamu bisa menghasilkan efek foto seperti yang ada di kamera SLR. Kamu tinggal bidikkan kamera HP kamu ke objek dengan bidikan fokus, kemudian untuk latar objeknya kamu bikin tidak fokus. Dan lihat hasilnya. Kamu bisa dapatkan efek bokeh atau blur yang menakjubkan.

Nah, buat dapetin foto dengan efek bokeh atau blur seperti di atas, kamu nggak perlu nunggu pakai kamera DSLR. Cukup dengan Advan A8 yang punya kamera belakang sekunder 5 MP pelengkap teknologi dual rear camera-nya, kamu bisa dapetin foto bagus kayak di atas. Feed Instagram jadi berkelas kalau kamu punya foto-foto dengan efek bokeh di atas, hanya bermodalkan HP dengan kualitas sekelas kamera DSLR.
4. Ini waktu yang tepat buat pakai flash.

Flash memang bisa membantu memberikan pencahayaan buat objek di tempat atau suasana gelap, tapi nggak selamanya demikian. Bisa aja flash bikin hasil jepretanmu nggak keruan.

Nah, untuk memaksimalkan flash dalam menjepret objek di tempat atau suasana gelap, pastikan kamu ambil jarak sedang. Pemanfaatan flash dari jarak jauh bisa nggak bekerja maksimal, apalagi terlalu dekat bakal bikin objek kurang jelas dan detail.

Namun begitu, sebisa mungkin sih kamu nggak ngandelin fitur flash ini kalau nggak kepepet. Sebagai gantinya, kamu bisa memaksimalkan sumber cahaya yang ada di sekitar objek sasaranmu.

5. Manfaatkan pencahayaan sekitar objek.

Tips ini membantu kamu untuk mengakali dapet foto bagus saat minim pencahayaan, termasuk pemanfaatan flash. Pencahayaan di sekitar objekmu itu bisa lampu jalan, lampu mobil, sepeda, atau apa aja yang membuat objek fotomu terkena cahaya. Bahkan dengan teknik ini, kamu bisa menghasilkan foto siluet yang cakep seperti foto di atas.

6. Bidik objek-objek sumber cahaya.

Selain memanfaatkan pantulan cahaya dari sumber cahaya ke objek fotomu, kamu bisa membidik objek sumber cahayanya sendiri. Misalnya aja jembatan yang punya lampu-lampu penghias atau gedung-gedung yang juga berhiaskan lampu warna-warni. Teknik ini justru memberikan kesan jepretanmu ‘hidup’ karena menyuguhkan suasana malam atau gelap yang sebenarnya.

Baca Juga :  Begini Cara Memotret Langit di Malam Hari

7. Manfaatin High Dynamic Range (HDR).

Fitur ini adalah penolong untuk dapetin foto dalam suasana minim pencahayaan yang bagus. Mode HDR berfungsi untuk menyesuaikan kondisi terang dan gelap kamera HP-mu. Dengan memanfaatkan mode HDR, hasil jepretanmu memiliki citra pencahayaan yang lebih baik bila dibandingkan tanpa mode ini. Singkat kata, mode HDR bikin sisi gelap fotomu lebih cerah.

8. Hindari pakai zoom.

Yup, jangan pakai fitur zoom kalau lagi motret di tempat atau suasana minim pencahayaan. Banyak orang mengira bahwa dengan ngezoom bisa bikin gambar jelas, padahal sebaliknya, justru pecah alias kurang detail.

Nah, lebih baik kamu mengatur jarak yang nggak terlalu jauh dari objek bidikan. Bahkan ada kalimat dari fotografer jalanan seperti dikutip dari Thenextweb, menyebutkan, “Zoom with your feet”. Itu artinya, kamu kudu rela bergerak lebih deket ke objek fotomu dan abaikan fitur zoom HP-mu saat mengambil foto.

9. Black and white photo bakal menolong hasil jepretan.

Foto hitam-putih atau black and white (BW) photo ini bisa jadi alternatif teknik untuk menghasilkan foto apik dalam kondisi atau tempat gelap. Bahkan nggak jarang BW bikin foto terkesan classy dan artistik. Efek BW ini sebetulnya membantu menghilangkan noise warna yang terlalu mencolok sehingga membuat foto nggak jernih atau ‘kotor’.

10. Manfaatin aplikasi edit foto seperlunya.

Ini pilihan terakhir supaya hasil jepretanmu tampak sempurna. Kamu bisa gunakan buat menyempurnakan bagian-bagian yang masih kurang dari jepretanmu. Semakin sedikit yang harus diedit, artinya kualitas fotomu semakin bagus.

Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa kamu unduh gratis. Tapi kamu kudu cermat manfaatin fitur-fitur aplikasi edit foto, baik itu crop, exposure, contrast, sharpen, saturation, fade, dan lain sebagainya. Kalau kamu gagal, hasil jepretanmu bisa-bisa malah jadi nggak keruan. (sumber: brilio)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda