Home / Travel / Tour de Flores, Ajang Balap Sepeda dan Promosi Wisata

Tour de Flores, Ajang Balap Sepeda dan Promosi Wisata

Pantai Pede di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Foto: Gamaliel
Pantai Pede di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jakarta–Tour de Flores yang akan digelar mulai 16-26 Mei 2016, dikemas dalam ajang balapan dan Promosi Wisata.

Tour ini akan menempuh jarak sepanjang 743 kilometer yang terbagi atas lima etape. Selama kegiatan, akan diisi dengan mengunjungi objek wisata antara lain, Danau Kelimutu, Pulau Komodo, dan Pink Beach. Panitia juga menyiapkan pagelaran budaya, bazaar dan pesta rakyat.

Sedangkan, balap sepeda Internasional dilaksanakan di bawah pengawasan Union Cycliste Internationale (UCI), Badan Penyelenggara Balap Sepeda Internasional, dan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Peserta lomba balap sepeda internasional tahun ini tercatat 230 orang dari kalangan atlet sepeda internasional (200 orang), atlet sepeda nasional (20 orang), dan satu tim atlet sepeda NTT beranggota 10 orang.

Baca Juga :  TdF 2017, Jalan Ruteng-Labuan Bajo Masih Berlubang

Etape pertama dimulai dari kantor Bupati Flores Timur, Larantuka, Flores Timur, menuju Kantor Bupati Sikka, Maumere sepanjang 138,8 km yang dilaksanakan pada 19 Mei 2016.

Pada etape kedua, para pesepeda akan melanjutkan lomba balap sepeda internasional dari kantor Bupati Sikka, Maumere, menuju lapangan Pancasila yang berjarak 141,3 km, pada 20 Mei 2016.

Sementara, etape ketiga dimulai dari kantor Bupati Ende menuju Lapangan Kartini, Bajawa sepanjang 123,3 km pada 21 Mei 2016 disusul dengan etape keempat untuk rute Bajawa-Buteng sepanjang 136,6 km di keesokan harinya.

Etape kelima sebagai pamungkas dilaksanakan pada 23 Mei 2016, yang akan menempuh jarak 121,5 km dari Kantor Bupati Manggarai Timur, Ruteng menuju Kantor Bupati Manggarai barat, Labuan Bajo.

Baca Juga :  Melancong ke Lapopu, Air Terjun Tertinggi di NTT

Topografi Flores yang bergunung-gunung dengan kaki gunung yang umumnya langsung menyentuh laut akan menjadi medan juang para peserta TdF.

Di sejumlah wilayah pegunungan suhu cuaca berkisar 15-28 derajat Celcius, sedangkan di wilayah pantai suhu berkisar 30-37 derajat. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda