Home / Nasional / TNI AL Kirim Marinir ke Pulau Ndana dan Batek

TNI AL Kirim Marinir ke Pulau Ndana dan Batek

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII Brigjen (Mar) Kasirun Situmorang menyalami marinir yang akan dikirim ke pulau terluar. Foto: Penrem Lantamal VIII
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII Brigjen (Mar) Kasirun Situmorang menyalami marinir yang akan dikirim ke pulau terluar. Foto: Penrem Lantamal VIII

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–TNI Angkatan Laut (AL) mengirim 34 marinir ke dua pulau terluar di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menjalankan tugas menjaga kedaulatan negara.

Dua pulau terluar itu ialah Pulau Ndana di selatan Pulau Rote berbatasan dengan Australia, dan Pulau Batek di perairan antara Kabupaten Kupang dan Distrik Oekusi, Timor Leste.

Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang Brigjen Sayful Rahman menyebutkan puluhan marinir tersebut berasal dari Batalyon Infanteri (Yonif) 2 Marinir menjalankan tugas selama enam bulan mulai bertugas Maret-September 2019.

Pasukan ini bergabung dengan 26 personil TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 743/PSY yang juga ditugaskan di dua pulau tersebut. Dua pasukan ini akan dilepas lewat upacara di Markas Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VII Kupang pada Jumat (8/3).

Baca Juga :  SMA 1 So'e Mewakili NTT di Lomba Kadarkum Nasional

“Tugas ini adalah kehormatan karena tidak semua prajurit TNI mendapatkan kepercayaan untuk menjaga pulau terluar dan perlu diketahui di NTT memiliki banyak pulau terluar, akan tetapi baru dua pulau tersebut yang dilakukan pengamanan oleh prajurit TNI,” katanya.

Brigjen Sayful mengatakan keberhasilan TNI dalam dalam menjalankan tugas, khususnya pengamaman pulau terluar pulau terluar dilandasi dengan pengabdian, loyalitas yang tinggi dan jiwa korsa serta adanya dukungan dari masyarakat di sekitar pulau-pulau tersebut.

Upacara pelepasan pasukan dihadiri Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII Brigjen (Mar) Kasirun Situmorang, serta jajaran pimpinan TNI di Nusa Tenggara Timur antara lain dari Brigadir Infanteri 21 Komodo dan Pangkalan TNI Angkatan Udara El Tari, dan jajaran Korem 161 Wirasakti Kupang. (mi/po)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda