Home / Politik / Timses Prabowo-Hatta akan Laporkan Jusuf Kalla ke Bawaslu

Timses Prabowo-Hatta akan Laporkan Jusuf Kalla ke Bawaslu

Bagikan Halaman ini

Share Button
Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

Jakarta—Tim advokasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa akan melaporkan calon wakil presiden Jusuf Kalla (JK) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Ini terkait pernyataan JK yang secara implisit mengaitkan Prabowo Subianto sebagai “Capres dor.”

“Pada Kampanye di Lapangan Komplek Adat Mamuju Sulawesi Barat, Kamis 12 Juni 2014, Jusuf Kalla mengajak masyarakat memilih pasangan capres-cawapres nomor urut dua, bukan “capres dor,'” kata ketua tim advokasi Prabowo-Hatta, Habiburokhman, di rumah Polonia, Jakarta, Sabtu 14 Juni 2014.

Ia juga mengatakan, pada kampanye itu, JK meminta agar masyarakat jangan memilih Capres yang suka ‘dor’, karena akan mengenang Mamuju era 60-an, di mana masyarakat menderita karena ada aksi tembak-tembakan.

Baca Juga :  28 Surat Suara Pilkada Kota Kupang Rusak

Bagi tim advokasi, sebutan ‘Capres dor’ dari JK jelas mengarah kepada Capres nomor urut satu Prabowo Subianto, karena pilpres hanya diikuti dua pasang. “Jika dia menyebut capres lain berarti yang dimaksud ya Prabowo Subianto,” katanya.

Dia menilai, pernyataan JK soal ‘Capres dor’ dapat dikategorikan sebagai fitnah keji yang mengarah pada pembunuhan karakter. Pihaknya menyesalkan pernyataan JK selaku politisi senior yang seharusnya menunjukkan ketauladanan.

“Massa tingkat ‘grass root’ sangat mudah terprovokasi. Dikhawatirkan bisa terjadi gesekan fisik antarpendukung capres-cawapres jika kaum elit terus mengeluarkan statement panas tanpa terkendali,” tegasnya.

Habiburokhman mengatakan, laporan ke Bawaslu berdasatkan UU Pemilihan Presiden. “Tindakan JK diduga melanggar Pasal 41 ayat (1) UU Nomor 42 Tahun 2008 yang berbunyi pelaksana, petugas, peserta kampanye dilarang menghina seseorang atau pasangan calon lain,” jelasnya. (sumber: viva.co.id)

Baca Juga :  DPD Golkar NTT Dukung Setya Novanto Pimpin Golkar

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda