Home / Sumba / Tertahan di Waingapu karena Cuaca Buruk, KM Ile Ape Kembali Berlayar

Tertahan di Waingapu karena Cuaca Buruk, KM Ile Ape Kembali Berlayar

Ilustrasi Kapal Feri/Foto: Gamaliel
Ilustrasi Kapal Feri/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kapal Motor (KM) Ile Ape yang tertahan di Waingapu, Sumba Timur akibat cuaca buruk, kembali melanjutkan pelayaran, Jumat (13/5) sekitar pukul 13.00 Wita.

Kapal tersebut tertahan Waingapu karena tinggi gelombang di perairan mencapai empat meter pada Kamis (11/5). Sebelumnya, Ile Ape berlayar dari Ende.

“Kapal Ile Ape sudah bergerak ke Sabu,” kata Kepala PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang Arnoldus Yansen.

Dia mengatakan Ile Ape diperbolehkan berlayar karena tinggi gelombang di perairan antara Sumba dan Sabu sudah berkurang sampai di bawah tiga meter. “Tetapi kami minta nakhoda tetap berhati-hati,” ujarnya.

Sementara itu KM Ile Mandiri yang tertahan di Pelabuhan Sabu, dijadwalkan akan meninggal pelabuhan menuju Kupang pada Sabtu (13/5) sekitar pukul 03.00 dini hari.

Baca Juga :  Wonderful Sumba Island Festival Pecahkan 2 Rekor Dunia MURI

Adapun rute pelayaran lainnya seperti Kupang-Rote tetap beroperasi seperti normal. Arnoldus mengatakan penghentikan pelayaran hanya berlangsung sementara untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara sesuai laporan prakiraaan cauca yang disampaikan Stasiun BMKG El Tari Kupang, Jumat menyebutkan tinggi gelombang di perairan NTT berkisar 1,25-2,50 meter terjadi di Laut Sawu, perairan Rote-Kupang, Laut Timor, dan Perairan Flores. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda