Home / Humaniora / Terlambat Dirujuk ke RSUD Ruteng, Bayi Baru Lahir Meninggal

Terlambat Dirujuk ke RSUD Ruteng, Bayi Baru Lahir Meninggal

Ilustrasi
Ilustrasi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Borong—Seorang bayi meninggal setelah dirawat sekitar 6,45 jam di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ruteng, Kabupaten Manggarai, Jumat (21/10) 2016.

Bayi malang itu seharusnya tidak meninggal jika segera dirujuk dari Puskesmas Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur ke RSUD Ruteng.

Servatinus Mammilianus, salah satu anggota Keluarga Bayi mengatakan, bayi lahir normal pada Selasa (18/10/2016) pukul 9.30 Wita.

“Sejak bayi lahir sampai sore, tidak ada penjelasan dari petugas Puskesmas Borong tentang kemungkinan adanya hal-hal yang membahayakan nyawa bayi,” kata Servas kepada lintasntt.com, Minggu (23/10).

Namun pada pukul 23.00 Wita, petugas puskesmas bergegas memasang oksigen pada bayi tersebut. Menurut Dia, petugas beralasan bayi kedinginan.

Baca Juga :  Presiden Rayakan Maulid Nabi bersama Ribuan Kader Ansor

Kemudian pada pukul 24.00 Wita, bayi kemudian dirujuk ke RSUD Ruteng dan tiba pada pukul 02.00 dini hari.

Sang bayi kemudian dimasukan ke inkubator namun tidak tertolong. Ia menghembuskan nafas pada Jumat (21/10/2016 pukul 06.45 Wita.

Servatinus mengatakan, keluarga merasa ada hal yang dilalaikan oleh petugas medis di Puskesmas Borong. “Kenapa bayi baru dirujuk pada malam hari. Padahal bayi lahir pada pagi hari. Seandainya dirujuk lebih awal kemungkinan anggota keluarga kami ini tidak meninggal,” ujarnya.

Menurut Servas, keluarga berterima kasih kepada seorang petugas medis di Puskesmas Borong yang tugas malam hari itu, Dia jeli menemukan beberapa bagian tubuh bayi berwarna biru.

Baca Juga :  KPA Kampanye Sadar AIDS Jelang Sail Komodo

“Kami kecewa dengan petugas yang bertugas pagi sampai siang. Kami tidak menyalahkan Puskesmas Borong secara lembaga tetapi kecewa dengan oknum petugas medis yang saat itu tugas pagi hari dan siang hari,” kata Dia.

Menurutnya petugas tersebut diduga kuat tidak jeli. Seandainya saja, bayi dirujuk sejak pagi, ia tidak meninggal. Sejauh ini pihak Puskesmas Borong belum memberikan keterangan kepada wartawan terkait dugaan kelalain yang mengakibatkan bayi meninggal. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda