Home / Dunia / Tentara Kudeta di Turki, 60 Orang Tewas

Tentara Kudeta di Turki, 60 Orang Tewas

Kudeta Militer Turki
Kudeta Militer Turki

Bagikan Halaman ini

Share Button

Ankara–Setidaknya 60 orang dilaporkan tewas dalam upaya kudeta yang berlangsung di Turki. Kudeta gagal karena berhasil dihadang warga. Sekitar 30 tentara pro kudeta telah ditahan.

Mayoritas mereka yang tewas adalah warga sipil yang melakukan perlawanan terhadap militer yang mencoba melakukan kudeta.

Ribuan warga Turki turun kejalan untuk melawan anggota militer yang mencoba melakukan kudeta. Ini dilakukan warga Turki setelah adanya serangan dari Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk keluar, dan melakukan perlawanan.

Dewan Perdamaian, kelompok militer yang melakukan upaya kudeta merespon dengan keras tindakan warga Turki tersebut. Mereka menembaki warga Turki yang melakukan aksi demontrasi dan perlawanan.

Upaya kudeta sendiri sejatinya berhasil diredam setelah pasukan pro-Erdogan turun tangan. Meskipun sejumlah wilayah sudah berhasil direbut kembali, namun pertempuran antara Dewan Perdamaian dan pasukan pro-Erdogan masih terjadi di beberapa lokasi.

Baca Juga :  Pedagang Ikan Kelapa Lima Selundupkan Imigran ke Australia

Upaya kudeta ini sendiri diketahui dipimpipin oleh Kolonel Muharrem Kose. Dia adalah anggota militer Turki yang dipecat secara tidak hormat Maret lalu karena diduga memiliki hubungan dengan tokoh anti-pemerintah yang saat ini berada di Amerika Serikat (AS), Fethullah Gulen. (sindonews)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda