Home / Bisnis / Tahun Ini Produksi Semen Indonesia Capai 37,08 Juta Ton

Tahun Ini Produksi Semen Indonesia Capai 37,08 Juta Ton

Semen Indonesia
Semen Indonesia

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Manager Corporate Communication PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Sigit Wahono mengatkan produksi perseroan akan mencapai 37,08 juta ton pada Desember 2016.

Capaian tersebut setelah beroperasinya Pabrik Indarung VI di Padang, Sumatera Barat dan pabrik Rembang di Jawa Tengah dengan total produksi masing-masing tiga juta ton per tahun.

“Dua pabrik ini mampu memproduksi enam juta ton. Saat ini produksi Semen Indonesia 31,08 juta ton sehingga total produksi akan mencapai 37,08 juta ton,” kata Sigit di Kupang, Senin (1/8).

Sebanyak 75 persen total produksi PT Semen Indonesia untuk pasar domestik, 15 persen untuk pasar regional, dan 10 persen untuk turunan semen. Di era perdagangan bebas ASEAN, Semen Indonesia harus bersaing dengan semen produksi negara lain terutama Tingkok, Vietnam dan Thailand. Saat ini tiga produsen baru sudah masuk Indonesia yakni Semen Anhui Conch, Siam Cement, dan Semen Pan Asia.

Baca Juga :  Wakil Gubernur NTT Hadiri Musrenbang Kota Kupang

Bahkan Semen Anhui Conch sudah di jual di berbagai daerah termasuk di toko-toko bahan bangunan di Kota Kupang. “Untuk mempertahankan di dalam negeri, harus kuat di regional,” tandasnya.

Di sisi lain, Pabrik Semen Tonasa sudah berhasil merebut pasar Timor Leste dengan memasok 150.000 ton semen setiap tahun. Adapun Semen Padang mulai mengekspor semen ke Madagaskar, namun tidak dilakukan secara kontinu. (sumber: media indonesia/palce amalo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda