Home / Humaniora / Suku Gani Mengenang Laurens Tato

Suku Gani Mengenang Laurens Tato

Mendiang Laurens Tato
Mendiang Laurens Tato

Bagikan Halaman ini

Share Button

Nagekeso–Sosok Laurens Tato sangat dikenal warga Desa Tende Kinde, Kecamatan Wolo Wae, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.

“Dia dermawan. Selain materi, dia juga banyak menyumbang gagasan dan ide untuk membangun daerah ini,” ungkap Wilem Wawo, kepala suku adat Gani, Kamis (21/9).

Laurens Tato, anggota Dewan Redaksi Media Group, meninggal dunia pada Senin (18/9) dalam usia 64 tahun. Setelah disemayamkan beberapa hari di Jakarta, jenazah Laurens tiba di Nagekeo, Rabu (20/9). Hari ini, jasad almarhum akan dikebumikan di Tende Kinde.

Pemakaman jenazah akan dilakukan dengan upacara adat suku Gani. “Dalam tradisi leluhur, pemakaman akan diawali dengan ritual adat. Setelah itu, diikuti dengan misa kudus pemakaman jenazah,” lanjut Wilem.

Baca Juga :  Sutan Bhatoegana Berpulang

Upacara adat akan diikuti keturunan Gani, yakni saudara kandung, sesepuh, dan warga bermarga Gani. Mereka juga akan membawa sapi atau kerbau untuk upacara adat. Keluarga mertua laki-laki akan membawa sarung kain adat saat melayat.

Mereka juga menyumbangkan babi atau beras. “Sejak kami dapat kabar kematian Bapak Laurens, keluarga dan marga Gani sudah membawa puluhan ternak sebagai tanda ikut berkabung,” sebut Wilem. (MI)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda