Home / Humaniora / Siswi Hamil Tetap Ikut Ujian Nasional

Siswi Hamil Tetap Ikut Ujian Nasional

Bagikan Halaman ini

Share Button

 Kupang—Lintasntt.com: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak melarang siswi SMA atau SMK yang hamil mengikuti ujian nasional (UN) 2015.

Kepala Dinas P dan K NTT Peter Manuk mengatakan pihaknya telah menerima laporan satu peserta UN asal Kabupaten Sikka dalam kondisi hamil. “Karena pertimbangan kemanusiaan, siswi yang hamil diperbolehkan mengikuti UN,” katanya kepada wartawan, Jumat (10/4).

Ia mengatakan satu hari sebelumnya, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Sikka mengeluarkan larangan kepada siswi tersebut mengikuti UN. Namun, larangan itu kemudian dimentahkan. Orang tua siswa pun menginginkan anaknya tetap mengikuti UN.

“Kita ingin masalah itu (kehamilan) tidak boleh menyandera masa depan anak karena mereka ingin terus belajar,” ujarnya.

Baca Juga :  NTT Resmi Jadi Provinsi Pendidikan Inklusif

Kepala Dinas PPO Sikka Yohanes Rana mengatakan larangan siswi yang tengah hamil untuk ikut UN berasal dari kiomite sekolah. “Komite tetap tidak mau memperkenankan siswi itu uikut UN,” ujarnya.

Pada UN tahun sebelumnya, sejumlah siswa hamil juga tidak ikut UN karena malu kendati tidak ada larangan dari sekolah. Bahkan guru telah berupaya datang ke rumah siswa tersebut meminta mereka ikut UN. Tahun ini peserta ujian SMA dan MA di Sikka berjumlah 2.569 orang, sedangkan peserta SMK sebanyak 1484 orang. (gamaliel)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda