Home / Humaniora / Sikka KLB Deman Berdarah Dengue

Sikka KLB Deman Berdarah Dengue

ILUSTRASI: Korban DBD Dirawat di Rumah Sakit SK Lerik, Kota Kupang/Foto: Lintasntt.com
ILUSTRASI: Korban DBD Dirawat di Rumah Sakit SK Lerik, Kota Kupang/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sikka, Petrus Herlemus mengatakan kasus demam berdarah dengue (DBD) di daerah itu telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Pasalnya jumlah korban DBD sejak 1-23 Januari 2020 di daerah itu telah mencapai 182 orang, atau tiga kali lipat dari penderita DBD di daerah itu pada Januari 2019 sebanyak 67 orang.

Dari jumlah itu, hanya 94 orang yang masih menjalani perawatan di rumah sakit, sedangkan penderita lainnya sudah sembuh dan telah dipulangkan. Sedangkan dua korban meninggal tersebut masing-masing berasal dari Kacamatan Alok dan Alok Timur.

Menurut Petrus, satu korban tiba di rumah sakit dalam kondisi kritis, sedangkan satu orang lagi sempat dipulangkan karena sembuh.

Baca Juga :  Ingin Buktikan Keaslian, Pedagang di Kupang Bakar Bensin

“Setelah tiba di rumah, badannya kembali hangat tetapi tidak terpantau. Datang kembali ke rumah sakit tetapi nyawanya tidak diselamatkan,” katanya saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).

Setelah ditetapkan KLB, tambah Petrus, pemerintah daerah setempat langsung membagi dalam lima zona penanganan. Masing-masing zona dikoordinir mulai dari Komandan Kodim, Kapolres, Kepala Pos Angkatan Laut, dan Basarnas.

Setiap zona akan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di permukiman penduduk maupun sekolah untuk mencegah penularan DBD. “Untuk logistik seperti obat-obatan masih cukup untuk kebutuhan 4-5 bulan ke depan,” kata Dia. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda