Home / Daerah / Senyum Pelanggan PLN Semarakkan Hari Pelanggan Nasional

Senyum Pelanggan PLN Semarakkan Hari Pelanggan Nasional

Senyum Pelanggan PLN/Foto: PT PLN
Senyum Pelanggan PLN/Foto: PT PLN

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 4 September, PLN kembali menyapa pelanggan dan stakeholders yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini dilakukan untuk menjaga hubungan baik sekaligus mengapresiasi para pelanggan serta mendengar suara dan aspirasi pelanggan demi meningkatkan pelayanan PLN yang lebih baik.

Mengusung tema ‘Senyum Pelanggan Indonesia Benderang’ kegiatan Sapa Pelanggan PLN dilaksanakan secara serentak di 12 (dua belas) lokasi oleh jajaran direksi PLN.  Pada kesempatan ini Plt Direktur Utama (Dirut) PLN Sripeni Inten Cahyani menyapa pelanggan di Panti Werda Tresna Budi dan SMAN 29.

Acara sapa pelanggan berlangsung hangat, selain mendengarkan suara dan keinginan para pelanggan, Plt Dirut PLN juga memberikan tips pemanfaatan listrik yang aman. sebagai wujud apresiasi, PLN juga membagikan bunga kepada para lansia di Panti Werda Tresna Budi, sebagai tanda cinta dan apresiasi kepada para pelanggan.

Sripeni Inten Cahyani mengatakan bahwa PLN sangat mengapresiasi para pelanggan dan akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik.

“Kami mengapresiasi sekaligus berusaha mendengarkan secara langsung suara para pelanggan, sesuai dengan tema perayaan HPN kami yaitu Senyum Pelanggan Indonesia Benderang, kami juga akan terus berupaya memberikan yang terbaik, dan kami hadir hari ini agar senyum para pelanggan PLN lebih benderang” Ujar Sripeni.

Dia menambahkan bahwa momen yang sangat baik ini merupakan kesempatan bagi PLN untuk terus meningkatkan engagement dengan pelanggan. Dengan mendengarkan suara pelanggan, diharapkan PLN dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan terus meningkatkan pelayanan.

Dalam rangka HPN 2019, PLN juga mengadakan bantuan pemeriksaan instalasi listrik di bangunan beberapa pelanggan.  Hal ini dilakukan karena kerap menjadi permasalahan yang dirasakan pada pelanggan. Selain itu PLN melalui PLN Peduli juga memberikan layanan pemasangan grounding gratis untuk 1774 lembaga pendidikan non komersial.

Baca Juga :  PUPR-Ketua Komisi V DPR Canangkan Pembangunan Rusunawa Seminari Lalian

“Dengan jumlah pelanggan lebih dari 70 juta, permasalahan yang kerap ditemui adalah terkait instalasi kelistrikan di bangunan pelanggan, disini kami mencoba memberikan bantuan pemeriksaan instalasi bagi beberapa pelanggan, memberikan solusi demi kepuasan pelanggan,” Kata Sripeni.

Senyum Pelanggan dari Nusa Tenggara Timur

Hari Pelanggan Nasional adalah momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan. Di NTT, selain terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi pelanggannya, Momen ini dimanfaatkan GM PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko bersama manajemen menemui para pelanggan.

Seperti Kunjungan ke SAG ( PT. Semen Kupang) , Lembaga Konsumen dan pelanngan lainnya. “Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional, bahwasannya Kami berupaya terus melayani masyarakat dengan melistriki Nusa Tenggara Timur sampai pelosok, sekarang rasio desa berlistrik sudah mencapai 88,58 % dan rasio eletrifikasi mencapai 73.18% sampai dengan Juli 2019,” kata Rendroyoko dalam pertemuan tersebut.

PLN terus berupaya mencapai 100% pada 2020 untuk desa berlistrik, Kami mohon dukungan dan doanya agar semua yang dilakukan oleh PLN diberikan kelancaran dalam membangun Nusa tenggara Timur dan PLN siap dan terbuka menerima masukan untuk perbaikan pelayanan kepada masyarakat dan pelanggan.” ujarnya.

Dia menyebutkan di NTT untuk Bantuan Pemeriksaan Instalasi dan Pemasangan Grounding untuk lembaga pendidikan non komersial yaitu sebanyak 19 sekolah dan akan dilaksanakan sampai tanggal 13 September 2019

PLN UIW NTT memiliki jumlah pelanggan sebanyak 751.449 berorientasi pada pelayanan turut serta untuk menyemarakkan peringatan Hari Pelanggan Nasional 2019.

Wawan Gunawan Manager PT SAG KSO PT Semen Kupang, mengatakan, “Pelayanan PLN kepada kami PT SAG KSO PT Semen Kupang sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, semoga bisa menjaga dan melayani lebih baik. Harapannya, Kerja sama dalam pelayanan daya (permintaan daya) bisa ditingkatkan.” ungkapnya

Baca Juga :  Warga Miskin Perkotaan di NTT Bertambah

Rendroyoko menyebutkan, dengan semangat Senyum Benderang Indonesia, Manajemen PLN juga menemui lembaga Konsumen. Dalam kunjungan ini, jajaran Manajemen PLN ingin mendengarkan langsung pendapat serta keluhan pelanggan. Kemudian mengapresiasi para pelanggan yang selama ini telah menggunakan layanan PLN.

Dari Pihak Lembaga Konsumen Ombusman Republik Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur, Darius Beda Daton SH menyampaikan Apresiasi atas respon yang cepat kepada PLN terhadap pengaduaan selama ini.“Respon cepat adalah bukti pelayanan yang baik PLN kepada masyarakat NTT, Harapan Ombudsman PLN terus mengupayakan peningkatan rasio elektrifikasi di Nusa Tenggara Timur pada masa yang akan datang” ujarnya

Kegiatan Hari Pelanggan Nasional di lingkungan PLN dilaksanakan secara masif dan serentak di seluruh unit di Nusa Tenggara Timur.

Hal ini sebagai wujud apresiasi PLN terhadap pelanggan, PLN melakukan kunjungan Pelanggan “tok tok wow”, PLN menyapa beberapa pelanggan besar dan juga mengunjungi beberapa rumah pelanggan untuk memberikan kejutan heboh berupa hadiah (fishball).

Kunjungan ke pelanggan ini dilakukan PLN untuk mendengar suara pelanggan atas layanan PLN dalam satu tahun terakhir ini, sehingga terjalin hubungan yang harmonis karena masukan dari para pelanggan kepada PLN akan menjadi program kerja untuk perbaikan sekaligus mengapresiasi para pelanggan yang selama ini menggunakan layanan PLN, diharapkan hubungan antara perusahaan dengan para pelanggan nya dapat terjaga dengan baik.

Untuk memudahkan layanan informasi, dapat mendownload PLN Mobile yang membuat pelanggan mendapatkan informasi dari fitur-fitur seperti cek tagihan dan riwayat token, permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara, cek status pengaduan dan permohonan, informasi tarif listrik terkini, dan telepon contact center PLN 123 dengan voice over internet protocol (VoIP). (PLN)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda