Home / Daerah / Satelit Deteksi 10 Titik Panas Karhutla di NTT

Satelit Deteksi 10 Titik Panas Karhutla di NTT

Ilustrasi: Kebakaran Lahan Terpantau di Flores Beberapa Waktu Lalu. Foto: lintas
Ilustrasi: Kebakaran Lahan Terpantau di Flores Beberapa Waktu Lalu. Foto: lintas

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Selama dua hari terakhir, sedikitnya 10 titik panas yang diduga kuat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terpantau di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Titik panas tersebut terpantau lewat Satelit Terra, Aqua, Suomi NPP danNOAA20 yang dilaporkan LAPAN.
“Tingkat kepercayaan titik panas di atas 80 persen,” kata Prakirawan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Sulton Kharisma, Minggu (15/9).

Puluhan titik panas itu tersebar di lima kabupaten yakni Sumba Tengah, Sumba Timur, Kupang, Malaka, dan Lembata.

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi karhutla karena saat ini suhu di daerah itu pada siang hari mencapai 32 derajat celcius dan kecepatan angin antara 30-40 kilometer per jam, kecuali di Kabupaten Manggarai dan Ngada, rata-rata suhu antara 11-26 derajat celcius.

Baca Juga :  Senyum Pelanggan PLN Semarakkan Hari Pelanggan Nasional

Namun, titik panas yang terdeteksi itu berkurang jika dibandingkan titik panas yang terdeteksi pada 13 September lalu sebanyak 113 titik yang tersebar di 40 lokasi di 16 kabupaten. Kebakaran lahan di NTT umumnya dilakukan petani setempat yang masih menganut pola pertanian tebas dan bakar. Mereka membakar lahan sebelum diolah untuk persiapan musim tanam.

Namun angin kencang dan kekeringan ekstrem mengakibatkan api merembet ke kawasan hutan sehingga menimbulkan kebakaran besar. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda