Home / Humaniora / SAR Kupang Sudah Bangun 4 Pos SAR

SAR Kupang Sudah Bangun 4 Pos SAR

Rescue Boat 308 Milik Kantor SAR Kupang/Foto: SAR
Rescue Boat 308 Milik Kantor SAR Kupang/Foto: SAR

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kantor Search and Rescue (SAR) Kupang sudah membangun empat pos SAR untuk mendukung tugas-tugas kemanusiaan di daerah tersebut.

Tiga dari empat Pos SAR tersebut sudah dibangun tahun sebelumnya yakni Pos SAR Waingapu, Pos SAR Labuan Bajo, dan Pos SAR Maumere. Sedangkan pos SAR keempat yang dibangun Juni 2016 ialah Pos SAR Alor.

Setiap Pos SAR dilengkapi personil, sea reader, satu perahu karet, rescue car, dan sepeda motor. Kecuali Pos SAR Labuan Bajo akan ditambah Kapal Rescue Boat 308.

Kepala Kantor SAR Kupang Ketut Gede Ardana mengatakan beberapa bulan lagi, pihaknya juga akan membangun dua pos siaga SAR berlokasi di Rote dan Belu.

Baca Juga :  SAR Kupang Punya Kapal SAR Canggih, KN Antareja 233

“Pos Siaga SAR Rote akan membawahi Rote dan Sabu Raijua, dan Pos Siaga SAR Belu akan membawahi Belu, Timor Tengah Utara, dan Malaka akan berpusat di Atapupu,” katanya kepada lintasntt.com, Senin (27/6/2016).

Adapun di Kota Kupang, kini telah memiliki Kapal SAR Antareja 233 yang memiliki panjang 40 meter. Kapal ini menggantikan Rescue Boat 308 yang dipindahkan ke Labuan Bajo.

Penambahan fasilitas bagi SAR Kupang baru terjadi sejak empat tahun terakhir atau di masa kepemimpinan Ketut Gede Ardana. Dia mengatakan pembangunan Pos SAR dan Pos Siaga SAR sesuai master plan kantor SAR Kupang periode 2012-2017. Di masa kepemimpinan Gede Ardana pula, Kantor SAR Kupang rutin melakukan tugas-tugas kemanusiaan di berbagai lokasi. (gma)

Baca Juga :  Kena PHK di Kalimantan, 89 Warga Belu Pulang Kampung

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda