Home / Daerah / SAR Kupang Siaga Penuh Amankan Mudik dan Arus Balik 2018

SAR Kupang Siaga Penuh Amankan Mudik dan Arus Balik 2018

posko sar

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Dalam rangka mengantisipasi arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah 2018, seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) menyelenggarakan Siaga SAR Khusus Lebaran.

Di antaranya mendirikan Posko terpadu, patroli atau pemantauan secara langsung, serta menempatkan beberapa personil Basarnas yang mempunyai keahlian khusus dan terlatih bersama dengan alat utama (Alut) sebagai penunjang operasi.

Mereka ditempatkan di berbagai titik di seluruh wilayah NKRI. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini bertujuan mendukung dan membantu kelancaran dan menciptakan rasa aman bagi pemudik serta memastikan mereka bisa mendapatkan bantuan cepat saat terjadi hal-hal yang tidak terduga.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kupang mengerahkan 92 personel dan peralatan pendukung operasi SAR di darat dan laut, serta alat utama lainnya.

Baca Juga :  Dalam Dua Jam, Sumba Timur Diguncang 7 Kali Gempa

Peralatan yang dikerahkan yakni KN SAR Antareja 233, Rescue Boat (RB) 308 yang berada di Pelabuhan Navigasi Kupang, dan beberapa RIB dan Ruber Boat di beberapa wilayah di NTT antara lain di Kantor SAR Kupang, Pos SAR Waingapu, dan Pos Satgas SAR Timor Barat di Atambua.

“Untuk kelancaran pelaksanaan Siaga SAR Lebaran kali ini kita kerahkan 60 Rescuer terbaik SAR Kupang yang dibagi menjadi tiga regu yang secara bergiliran melakukan penjagaan, pemantauan, dan mobile secara langsung ke posko-posko terpadu antara lain di kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kupang, Posko terpadu Bandara Eltari Kupang, Posko terpadu Pelabuhan tenau Kupang, dan Posko Terpadu pelabuhan Bolok Asdp Kupang,” tutur Kepala BASARNAS Kupang Abraham Benyamin Kolimon, S.E, M.Si saat melakukan pemantauan secara langsung di posko Pelabuhan Bolok Kupang.

Baca Juga :  SAR Kupang Punya Kapal SAR Canggih, KN Antareja 233

Berdasarkan informasi yang diterima Basarnas
dari posko terpadu di Bandara El Tari maupun Pelabuhan bolok pada H-1 berangsur menurun dan tidak sepadat H-5 sampai H-3 kemarin.

Siaga SAR Lebaran 2018 yang dilaksanakan di Kupang mulai dari 7-24 Juni 2018 ini di samping untuk membantu lancarnya arus mudik bagi masyarakat, juga sebagai wadah pelaksanaan koordinasi dan pengerahan potensi SAR di seluruh wilayah tanggung jawab Basarnas Kupang.

Kegiatan itu dalam rangka mengantisipasi terjadinya kecelakaan atau musibah Penerbangan dan Pelayaran, bencana, serta musibah yang dapat membahayakan manusia. (Humas SAR Kupang)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda