Home / Humaniora / SAR Kupang Gelar Simulasi Evakuasi Korban di Gedung Bertingkat

SAR Kupang Gelar Simulasi Evakuasi Korban di Gedung Bertingkat

Simulasi Evakuasi Korban di Keetinggian/Foto: Lintasntt.com
Simulasi Evakuasi Korban di Keetinggian/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sebanyak¬†24 personil Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) bersama pemadam kebakaran (Damkar) Kupang menggelar simulasi penyelamatan korban dari ketinggian, Rabu (21/2).

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan sekaligus menguji mental personil SAR dan Damkar dalam menangani kondisi darurat bencana.

“Simulasi ini baru pertama kali digelar di Kupang, dan berhasil dengan baik,” kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Supriyanto kepada wartawan.

Simulasi dimulai dari terjadi kebakaran di lantai lima Hotel Aston Kupang akibat hubungan arus pendek listrik, namun api tidak berhasil dipadamkan oleh pihak hotel. Api baru berhasil dikuasai setelah pemadam tiba di lokasi kejadian.

Akan tetapi dari dua tamu hotel dan seorang petugas keamaman terjebak di lantai 18 sehingga harus dievakasi oleh tim pencari dan penolong. “Setelah dilakukan pendataan, tiga orang terjebak, satu di antaranya terluka,” ujarnya.

Baca Juga :  SAR Kupang Tutup Operasi Pencarian Dua Nelayan Kolbano

Mereka kemudian dievakuasi oleh tim penolong menggunakan tali ke lantai tiga. Korban kemudian diangkut menggunakan tandu ke ambulans untuk selanjutnya dibawa ke rumah sakit.

Simulasi tersebut juga menghadirkan petugas kesehatan dan ambulans. Simulasi itu dilakukan menyusul mulai bertambahnya gedung-gedung bertingkat di Kota Kupang sehingga personil SAR dan Damkar harus dalam kondisi siap. Menurut Dia, simulasi juga menjadi pembelajaran bagi personil untuk mengetahui cara menangani korban secara benar. (gma/mi)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda