Home / Humaniora / Sakit TBC, Seorang TKI Dipulangkan dari Malaysia dan Meninggal

Sakit TBC, Seorang TKI Dipulangkan dari Malaysia dan Meninggal

Ilustrasi
Ilustrasi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Nikolas Banunaek (45), TKI asal asal Desa Boking, Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur ( NTT), meninggal di Rumah Sakit Umum WZ Johannes Kupang karena sakit yang dideritanya, Senin (19/3/2018).

Nikolas adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di perkebunan kelapa sawit Sibu di Tamoko, Malaysia. Adik kandung Nikolas, Enny Banunaek kepada Kompas.com di kamar jenazah RSU WZ Johannes Kupang mengatakan, kakaknya meninggal setelah dirawat selama 10 hari di rumah sakit itu.

“Kakak saya ini TBC (paru-paru). Dia dirawat selama 10 hari dari tanggal 8 Maret 2018 lalu,” ungkap Enny.

Menurut Enny, Nikolaus sudah bekerja di Malaysia sejak 2011 lalu dan mulai mengidap penyakit TBC, Januari 2018. Setelah sakit, ia dipulangkan ke NTT melalui Pontianak, Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Dua Warga Manggarai Tewas Terseret Banjir

“Kakak saya sempat dirawat di Pontianak, dari tanggal 5-7 Maret 2018 kemarin. Selanjutnya dibawa ke NTT dan setelah tiba di Kupang pada 8 Maret, langsung dibawa ke rumah sakit,” jelas Enny.

Jenazah Nikolas kemudian disemayamkan di ruang jenazah RSU WZ Johannes Kupang. Pantauan Kompas.com, terlihat beberapa orang keluarga Nikolaus, Anggota DPRD Kabupaten TTS Ruba Banunaek, petugas dari Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang dan beberapa orang pengurus Rumah Pengharapan Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT).

Jenazah Nikolaus diberangkatkan ke kampung halamannya, dengan menggunakan mobil jenazah dari BP3TKI Kupang. (sumber: kompas.com/giran bere)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda