Home / Humaniora / Sakit Maag, Waspadai Menu Ini

Sakit Maag, Waspadai Menu Ini

Bagikan Halaman ini

Share Button

Bumbu santan menaikkan asam lambung pemicu gangguan maag.

MELIMPAHNYA makanan menjadi hal yang paling ditunggu saat lebaran. Membayangkan sajian opor ayam, sambal goreng, sayur labu siam, dan rendang saja langsung merangsang nafsu makan.

Namun bagi Anda penderita maag, ada baiknya memilah makanan. Salah-salah, gangguan lambung ini bisa kambuh. Ada beberapa makanan yang perlu diwaspadai untuk menjaga kondisi lambung tetap sehat.

Ahli gizi dari RSCM-FKUI dr. Fiastiti menyebutkan beberapa jenis makanan khas lebaran yang sebaiknya dihindari para penderita maag. diwaspadai para penderita maag.

Opor ayam

Bisa jadi opor ayam merupakan makanan paling populer sekaligus ditunggu sepanjang lebaran. Hampir setiap keluarga menyajikannya, dipadukan dengan ketupat nikmat. Sayang kuah kental sayur ini terbuat dari santan yang dapat menaikkan asam lambung.

Selain itu, opor juga biasanya mengandung lemak yang tinggi. “Lemak tinggal lebih lama di dalam lambung dan menyebabkan tidak nyaman,” ujar Fiastuti. Jika ingin menikmati makanan ini, sebaiknya Anda hanya mengambil ayamnya dan meninggalkan kuahnya.

Baca Juga :  Perpustakaan NTT jadi Pusat Layanan Unggulan Budaya Austronesia-Melanesia

Rendang

Daging berbumbu lezat ini identik dengan rasa pedas. Masalahnya, rasa pedas itulah yang berbahaya bagi lambung. Apalagi jika penyakit maag kronis telah melukai lambung Anda. Sebaiknya rendang pedas Anda hindari dulu.

Sambal goreng

Nikmatnya cita rasa tradisional dalam sambal goreng memang menggoda. Namun, makanan ini juga berbahaya bagi penderita maag karena pedas dan berlemak. Jangan khawatir, bukan berarti Anda tak boleh menyentuhnya. Fiastuti menyarankan, kalaupun Anda begitu tergoda, ambil secukupnya.

Minuman soda

Atas nama kepraktisan, biasanya minuman soda menjadi minuman favorit saat lebaran. Namun, ini berbahaya bagi penderita maag karena mengandung gas yang tinggi. Kandungan sodanya bisa menaikkan asam lambung Anda. “Hindari juga beberapa minuman yang mengandung kafein, seperti kopi. Itu juga merangsang asam lambung,” imbuh Fiastuti.

Buah asam

Jeruk memang terlihat menyegarkan, apalagi di tengah cuaca panas. Minuman jeruk juga sering dijadikan jawaban atas dahaga Anda saat lebaran. Berhati-hatilah untuk jeruk yang terlalu asam, karena itu juga berbahaya bagi penderita maag. Jika tidak mau perih mendadak menyerang, sebaiknya hindari dulu. Ini juga berlaku untuk buah-buahan asam lainnya. Menurut Fiastuti, melon cukup aman dikonsumsi.

Baca Juga :  Ketua DPRD NTT Apresiasi Kehadiran IWO

Sedangkan untuk sayuran, ia menganjurkan untuk mewaspadai kol dan sawi. Pasalnya, dua sayuran itu mengandung gas yang bisa merangsang asam lambung Anda.

Selain beberapa makanan itu, Fiastuti juga mengingatkan penderita maag untuk tidak langsung makan dalam porsi besar. Pada prinsipnya, ia menyebutkan, penderita maag harus makan teratur. Setidaknya tiga jam sekali, harus ada makanan yang masuk.

“Tidak harus makanan berat, porsinya juga tidak perlu terlalu besar karena justru membuat tidak nyaman,” lanjutnya. Porsi makanan yang terlalu banyak bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di ulu hati. (Sumber: http://life.viva.co.id)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda