Home / Daerah / Rumah Terendam Banjir, Ratusan Warga NTT Mengungsi

Rumah Terendam Banjir, Ratusan Warga NTT Mengungsi

Ilustrasi
Ilustrasi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Ratusan warga Desa Nunkolo, Kecamatan Nunkolo, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengungsi karena rumah mereka terendam banjir dengan ketinggian sekitar satu meter.

Banjir terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah itu sejak Senin (22/1) siang hingga malam yang mengakibatkan Sungai Menu yang berjarak sekitar 300 meter dari permukiman penduduk meluap. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

“Kami sudah mengevakuasi warga yang rumahnya tergenang banjir ke rumah warga lainnya,” kata Kepala Desa Nunkolo, David Kase saat dihubungi lewat telepon, Selasa (23/1).

Menurut David warga yang mengungsi berasal dari RT 07 dan RT 08, masih berada di lokasi pengungsian. Namun beberapa keluarga memutuskan kembali ke rumah untuk menyelamatkan barang-barang mereka. “Kami mencatat ada dua rumah yang mengalami rusak parah karena banjir,” ujarnya.

Baca Juga :  Cuaca Ekstrem, TN Komodo Batasi Area Kunjungan

Tanaman pertanian milik warga setempat seperti jagung dan umbi-umbian rusak karena terendam banjir. Kerugian akibat musibah ini belum dilaporkan.

David mengatakan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sudah datang ke lokasi bencana membawa bantuan seperti bahan makanan, selimut, dan terpal.

Puskesmas Nunkolo juga sudah membangun posko kesehatan untuk merawat warga yang sakit. “Kami juga sudah menghimbau warga tetap waspada mengantisipasi banjir susulan,” kata Dia.

Pasalnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terus mengguyur wilayah hulu Kecamatan Nunkolo sehingga ancaman banjir masih ada. (sumber: media indonesia/palce amalo)

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda