Home / Humaniora / Rumah Pintar ‘Sonaf Soet Hinef’ Rayakan HUT ke-5

Rumah Pintar ‘Sonaf Soet Hinef’ Rayakan HUT ke-5

HUT Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef/Foto: Ellya
HUT Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef/Foto: Ellya

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kehadiran Rumah PintarSonaf Soet Hinef yang beralamat di Jalan Sikib Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak, Kota Kupang, merayakan ulang tahun ke-5, Jumat (26/8/2016),

Untuk memeriahkan HUT ke-5 tersebut, digelar berbagai lomba mulai dari baca puisi, cerpen dan membaca indah, pidata dalam Bahasa Inggris, dan lomba tenun ikat motif NTT.

Kegiatan ini diikuti oleh 36 lembaga pendidikan dan kelompok terdiri dari 6 PAUD, 11 SD, 8 SMP dan 11 SMA.

“Dengan semangat HUT Rumah Pintar dan Hari Kemerdekaan RI kita tingkatkan karya, bakti dan
peduli kepada masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan keterampilan,” kata Pengelola Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef Kota Kupang, Aram Kolifai.

Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef sebagai satuan pendidikan nonformal, berkewajiban memberikan layanan pendidikan berkualitas dan terjangkau
masyarakat.

Baca Juga :  Ultah ke 23, Bintang Porno ini akan Bercinta dengan 23 Pria

Layanan pendidikan antara lain pendidikan anak usia dini (PAUD), Taman Bacaan Masyarakat, Pendidikan Kecakapan Hidup, Pendidikan Kesetaraan (paket A,B, C), pemberantasan buta aksara, pengarusutamaan gender, dan pendidikan pemuda kreatif.

“Saat ini Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef memiliki tujuh sentra, yakni sentra buku, sentra sains, sentra kriya/keterampilan, sentra bermain (PAUD), sentra komputer, sentra audio visual dan panggung serta sentra ketahanan pangan,” kata Aram Kolifai.

Wali kota Kupang Jonas Salean yang turut hadir dalam perayaan tersebut mengatakan
Rumah Pintar Sonaf Hinef merupakan salah satu aset pemerintah Kota Kupang yang memiliki fasilitas
yang jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan yang dimilii daerah lain.

Saya berharap agar Rumah Pintar ini bisa dimanfaatkan secara baik oleh warga sekitar, karena sudah mendukung pendidikan anak sejak dini,” kata Jonas.

Baca Juga :  2.694 Polisi Amankan Perayaan Natal di NTT

Kepada Dinas Pendidikan Kota Kupang, Jonas mengimbau agar memperhatikan secara serius lembaga ini terutama ketersediaan sarana dan prasarana. Kepada pengelola Rumah Pintar diminta untuk
menyiapkan program untuk tahun 2017 nanti, seperti tenun ikat,” ujarnya.

Selain perbaikan sarana dan prasarana, Ia juga mengakui pentingnya tenaga instruktur dan guru di Rumah Pintar. Dalam DPA tahun ini untuk Rumah Pintar senilai Rp257 miliar.

“Minimal sekitar Rp400 juta hingga Rp50-an juta untuk membiayai lembaga sebesar ini,” tambahnya. Pada kesempatan ini Wali kota juga memberi tambahan hadiah bagi para peserta lomba.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua TP PKK Kota Kupang, Kadis Pendidikan Kota Kupang serta sejumlah
pejabat di Kota Kupang dan masyarakat Kelurahan Naioni. (rr)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda