Home / Humaniora / Rumah Perempuan Kupang Gelar Seminar PTPPO

Rumah Perempuan Kupang Gelar Seminar PTPPO

Seminar PTPPO di Rumah Perempuan/Foto: Ellya Djawas
Seminar PTPPO di Rumah Perempuan/Foto: Ellya Djawas

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Rumah Perempuan Kota Kupang bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar seminar Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (PTPPO) di Kota Kupang, Kamis (30/6/2016).

Seminar ini dihadiri oleh utusan dari sejumlah sekolah, tokoh masyarakat dan pemerintah. Seminar PTPPO bertujuan meningkatkan pengetahuan, komitmen dan keberpihakan berbagai pihak dalam upaya pencegahan tindak pidana perdagangan orang sudah masuk dalam kategori darurat.

Kepala Rumah Perempuan Kupang Libby Ratuarat- Sinlaeloe mengatakan pemerintah telah mengesahkan UU no 21 tahun 2007 tentang PTPPO sejak 2007.

Kemendikbud sebagai ketua pencegahan PTPPO berinisiasi menggelar kampanye pencegahan di seluruh Indonesia.
“Kota kupang sebagai kota transit calon tenaga kerja dan Kabupaten Kupang sebagai Kabupaten Penyuplai dan transit, di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ingin bekerja keluar Negeri. Selain kerentanan masyarakat yang mengalami tindak pidana perdagangan orang, di Kota Kupang banyak anak-anak yang di eksploitasi tenaga serta seksualitasnya, “katanya.

Baca Juga :  Dihina, Sekarang Anak Pembantu Ini Punya 7.000 Toko

Ia menjelaskan saat ini di kota kupang telah dibentuk Enam gugus tugas di enam Kecamatan di Kota Kupang, dan 10 desa di wilayah kabupaten Kupang sehingga informasi penting ini juga perlu disampaikan kepada masyarakat di Kota Kupang, Kabupaten Kupang maupun sekolah-sekolah hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepda berbagi pihak agar dapat melakukan upaya pencegahan tindak pidana perdagangan orang.

“Pesertadapat mengetahui dan memahami tentang tindak pidana perdagangan orang, melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan dalam melakukan kampanye pencengahan, “ujarnya. (rr)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda