Home / Humaniora / Ribuan Umat Kristen di Kupang Ikuti Prosesi Jalan Salib

Ribuan Umat Kristen di Kupang Ikuti Prosesi Jalan Salib

Prosesi Yesus Berdoa di Taman Getsemani/Foto: Gamaliel
Prosesi Yesus Berdoa di Taman Getsemani/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Ribuan Umat Kristen di Kota Kupang,, Nusa Tenggara Timur, Kamis, 23 April 2016 tengah malam, mengikuti prosesi jalan salib mengenang kisah sengsara Yesus Kristus sampai akhirnya wafat di kayu salib.

Prosesi melewati sembilan gereja, dan baru berakhir pada Jumat (24/4) pagi. Prosesi dimulai dari Taman Nostalgia Kota Kupang antara lain mengisahkan tentang Yesus makan paskah bersama murid-muridnya.

Ketika mereka sedang makan, Ia berkata ‘Aku berkata kepadamu sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan aku,” ujarnya seperti tertulis di Alkitab.

Prosesi jalan salib ini diperankan oleh yang memerankan antara lain Yesus, Yudas, Herodes, Pilatus, Imam Besar,Yudas, Simon Petrus, Bertholomeus, dan Matius.

Baca Juga :  Pembunuh Angeline Berasal dari Sumba Timur

Prosesi itu mengisahkan jalan penderitaan Yesus saat dihukum mati di kayu salib oleh bangsa Yahudi dibawah pemerintahan Herodes saat itu.

Prosesi ini melibatkan pemuda dari 43 gereja Protestan dan Katolik. Remaja masjid juga turut memeriahkan prosesi jalan salib ini. Mereka akan menyambut di umat Kristen di Gereja Laharoi, Kelurahan Namosain. “Teman-teman dari gereja Denominasi akan menyambut lewat pinggir pantai,” kata Ketua Pemuda Klasis Kota Kupang Erens Blegur kepada wartawan.

Erens mengatakan jalan salib tersebut juga bertujuan menunjukkan kepada pemuda di Kota Kupang mengenai pengorbanan Yesus. “Kalau mereka hanya dengar cerita, sekarang mereka melihat secara jelas inilah tragedi yang sebenarnya terjadi 2.000 tahun yang lalu,” kata Dia.

Baca Juga :  Penderita Gangguan Jiwa Banyak dari Airnona

Sejumlah pejabat hadir pada prosesi paskah tersebut antara lain Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis yang juga anggota Sinode Gereja Masehi Injili di Timor, Wali Kota Kupang Jonas Salean, dan Kapolres Kupang Kota AKBP Budi Hermawan.

Jumat Agung merupakan bagian dari rangkaian perayaan paskah yang disebut Tri Hari Suci. Adapun paskah akan dirayakan pada Minggu, 27 Maret 2016 yaitu hari Kebangkitan Yesus Kristus dari kematian, yang dimaknai sebagai hari keselamatan dan kemenangan bagi umat Kristen. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda