Home / Lingkungan / Ratusan Warga Australia Nonton Dokumenter Tragedi Laut Timor

Ratusan Warga Australia Nonton Dokumenter Tragedi Laut Timor

Ferdi Tanoni (kedua dari kanan) bersama warga Australia Menonton Dokmenter Tragedi Laut Timor/Foto: Dok Ferdi Tanoni
Ferdi Tanoni (kedua dari kanan) bersama warga Australia Menonton Dokmenter Tragedi Laut Timor/Foto: Dok Ferdi Tanoni

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sekitar 350 warga Australia di Perth menonton film dokumenter pencemaran laut Timor berjudul ‘A Crude Injustice’ pada Senin (21/8/2017) malam.

Ketua Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) Ferdi Tanoni yang hadir saat pemutaran film tersebut mengatakan warga memenuhi lokasi pemutaran film di Bioskop Luna di Leederville.

“Warga Australia minta perwakilan mereka di Parlemen Canberra untuk mendesak Pemerintah Australia bertanggungjawab atas musibah pencemaran laut Timor,” kata Ferdi kepada lintasntt.com.

Pada kesempatan tersebut, Ferdi menyampaikan penghargaan terhadap rekan-rekannya di Tanah Air dan sejumlah negara seperti Amerika, Belanda dan Inggris yang terus memberikan dorongan dan dukungan dalam penyelesaian kasus pencemaran Laut Timor yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Baca Juga :  Limbah Newmont tidak Dibuang di Perairan NTT

Film ini mengisahkan tentang tragedi tumpahan minyak yang menimpa rakyat di wilayah pesisir Timor Barat dan kepulauan Nusa Tenggara Timur yang telah kehilangan mata pencaharian sebagai petani rumput laut maupun sebagai nelayan akibat wilayah perairan setempat terkontaminasi dengan tumpahan minyak mentah, bercampur zat timah hitam dan bubuk kimia sangat beracun dispersant.

“Lewat film dokumenter ini, kami berharap para politisi yang berada di Gedung Parlemen Australia dapat terurai hatinya untuk bersama pemerintah negeri itu ikut bertanggungjawab menyelesaikan tragedi Montara yang sudah delapan tahun berlalu itu,” kata Ferdi. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda