Home / Bisnis / Ramadan, NTT Tambah Pasokan Sapi ke Jakarta dan Kaltim

Ramadan, NTT Tambah Pasokan Sapi ke Jakarta dan Kaltim

Ilustrasi
Ilustrasi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang—Dinas Peternakan Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan sekitar 2.000 sapi untuk memenuhi permintaan daging di DKI Jakarta selama ramadan. Adapun tambahan pasokan sapi sebanyak 1.000 ekor juga dikirim ke Kalimantan Timur (Kaltim). Tambahan pasokan sapi tersebut baru dikirim mulai pekan kedua ramadan.

“Nanti pada pekan kedua ada tambahan pasokan sapi sampai 100% ke Kalimantan Timur dan Jakarta untuk memenuhi permintaan,” kata Kepala Dinas Peternakan NTT Dany Suhadi di Kupang, Senin (6/6).

Dia menyebutkan selama ini pasokan sapi ke Kaltim hanya 500 ekor per bulan dan pasokan ke DKI Jakarta sekitar 1.000 ekor menggunakan kapal ternak. 2.000 ekor lagi menggunakan kapal barang. “Di awal puasa, permintaan sapi normal, kami memastikan dua minggu lagi permintaan sapi akan naik,” kata Dani.

Baca Juga :  Gubernur BI Resmikan Kantor Perwakilan NTT

Selain itu di Kota Kupang sejak awal puasa, belum terlihat penaikan permintaan daging sapi. Menurut Dany, sampai Senin pagi, sapi yang dikirim ke Rumah Potong Hewan (RPH) di Kelurahan Oeba masih berkisar 40-45 ekor dan di RPH milik swasta berkisar 6-7 ekor.

Begitu pula harga daging sapi di pasar tradisional masih normal yakni Rp90.000 per kilogram, lebih murah jika dibanding harga daging sapi di daerah mencapai Rp170.000 per kilogram. Menurutnya seharusnya tidak perlu terjadi gejolak harga sapi di daerah lain karena saat ini pasokan sapi dan daging sapi tetap normal. (sumber: mi/palce amalo)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda