Home / Nasional / RAFI 2019, Telkomsel Prediksi Trafik Layanan Data Naik 21%

RAFI 2019, Telkomsel Prediksi Trafik Layanan Data Naik 21%

Dirut PT Telkomsel Ririek Adriansyah (empat dari kiri) bersama jajaran pimpinan Telkomsel pada acara Media Gathering Telkomsel 2019 yang digelar di Bali, Selasa (30/4) malam. Telkomsel memprediksi tarif layanan data naik selama Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2019. Foto: Dok
Dirut PT Telkomsel Ririek Adriansyah (empat dari kiri) bersama jajaran pimpinan Telkomsel pada acara Media Gathering Telkomsel 2019 yang digelar di Bali, Selasa (30/4) malam. Telkomsel memprediksi tarif layanan data naik selama Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2019. Foto: Dok

Bagikan Halaman ini

Share Button

Denpasar–Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah memprediksi trafik layanan data selama Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2019 meningkat sebesar 21% dibandingkan hari normal.

Bahkan angka itu bisa melonjak sampai 66% jika dibandingkan dengan trafik data pada RAFI 2018. “Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan di Indonesia didominasi penggunaan layanan data,” kata Ririek Adriansyah kepada wartawan saat acara Media Gathering Telkomsel 2019 yang digelar di Bali, Selasa (30/4) malam.  Media Gathering tersebut diikuti sekitar 110 wartawan dari seluruh Indonesia.

Menurut Ririek, tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas di lokasi mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

Di samping itu, pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi mudik dan wisata, serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan games.

Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan turun sekitar 10% dibanding hari normal, sedangkan trafik layanan SMS diperkirakan turun sekitar 2% dibanding hari normal, mengingat perilaku pelanggan saa ini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara dan SMS.

Baca Juga :  Status Gunung Iya di Ende Waspada

“Pada momen RAFI ini keandalan jaringan dan layanan Telkomsel yang sesungguhnya diuji. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI,” ujarnya.

Pada momen RAFI 2019, tambah Ririek, Telkomsel sudah menyiapkan 10.000 unit perangkat Base Transceiver Station (BTS) multi band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia.

Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 10.000 BTS 4G, mengoperasikan 70 mobile BTS.

Operator telekomunikasi seluler itu juga menambah kapasitas gateway internet sebanyak 15 persen dari kapasitas yang ada, menjadi 4.700 Gbps. Tak cuma itu, operator tersebut juga menggenjot kapasitas sistem mereka untuk layanan dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Baca Juga :  Pesawat Tempur TNI Paksa Pesawat Kargo Ethiopa Mendarat di Batam

Selain itu, mereka juga mempersiapkan 557 titik dalam bentuk posko layanan di jalur mudik dan lokasi wisata utama titik jaringan POI (Point of Interest), seperti bandara, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, rumah sakit, area padat populasi, pasar, hingga mal.

Selain itu seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, diantaranya 425 GraPARI Telkomsel Siaga, 493 mobile GraPARI yang terdiri dari 324 armada mobil dan 169 armada motor, 831 kantor pelayanan mitra distributor dan 3.779 outlet siaga,” kata Ririek.

Selain itu, melalui Corporate Social Responsibilty (CSR) pada RAFI 2019 dengan tema ‘Sebarkan Kebahagiaan’,
Telkomsel juga menyerahkan takjil buka puasa sebanyak 24 ton kurma kepada 20 masjid di 20 kota di seluruh Indonesia dengan penerima manfaat sekitar 720.000 paket.

Telkomsel juga melakukan kegiatan berbagi bersama dengan 5.000 anak yatim dan dhuafa, menggelar sembako murah, pemberian santunan kepada 50 yayasan, edukasi internet baik kepada anak-anak, dan bersih-bersih masjid. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda