Home / Dunia / Pulau Batek Terancam Diklaim Timor Leste

Pulau Batek Terancam Diklaim Timor Leste

Bagikan Halaman ini

Share Button
Foto: Lintasntt.com/Gamaliel

Foto: Lintasntt.com/Gamaliel

KUPANG–LINTASNTT.COM: Pulau Batek yang terletak di perairan perbatasan RI-Timor Leste terancam jika sengketa tapal batas di Kecamatan Amfoang Utara, Kabu paten Kupang, Nusa Tenggara Timur dimenangkan Timor Leste.

Hal itu terungkap dalam dialog bertajuk ‘Menjaga Batas Negeri untuk Keutuhan dan Kedaulatan Indonesia’ di Radio Republik Indonesia (RRI) Kupang, Jumat (25/10).

Wilayah yang disengketakan tersebut seluas 1.096 hektare terletak di Desa Naktuka berbatasan dengan Distrik Oekusi, Timor Leste. Pihak Indonesia-Timor Leste sudah beberapa kali menggelar perundingan terkait wilayah yang disengketakan sejak 2010 tersebut, namun belum mencapai kesepakatan.
Ketua DPRD Kabupaten Kupang Oktori Gaspers mengatakan Pulau Batek masuk di dalam areal yang disengketakan tersebut. “Jika wilayah di Naktuka diklaim, maka Pulau Batek juga bisa diklaim,” katanya.

Baca Juga :  Pesawat Malaysia Ternyata Dibajak dan Ada di Afghanistan

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Staf Komando Distrik Militer 1604 Kupang Mayor (Inf) Dwi Kristianto yang juga menjadi pembicara di dialog tersebut. Ia mengatakan pihak Timor Leste mengklaim garis batas kedua negara adalah di sungai kecil yang ternyata masuk di dalam wilayah Indonesia. Sedangkan dari Indonesia, garis batas terletak di sungai besar yang disebut Sungai Noelbesi. Saat ini sebanyak 40 keluarga dari Indonesia bermukim di wilayah yang disengketan tersebut serta telah memiliki kartu tanda penduduk Timor Leste. (GBA)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda