Home / Humaniora / Pulang Kampung, Gubernur Viktor Laiskodat Disambut Adat Helong dan Rote

Pulang Kampung, Gubernur Viktor Laiskodat Disambut Adat Helong dan Rote

Viktor-Josef/Foto: Lintasntt.com
Viktor-Josef/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat akan disambut dengan adat Helong dan Rote saat tiba di kampung halamannya di Pulau Semau, Kamis (6/9/2018) siang.

Viktor dijadwalkan tiba di Bandara El Tari Kupang sekitar pukul 12.00 Wita, sedangkan wakil gubernur NTT Josef Nae Soi tiba lebih awal yakni sekitar pukul 6.30 Wita.

Dari bandara, Viktor bersama keluarga disambut tarian Natoni Helong, penggalungan dan tarian. Rombongan akan menuju Dermaga Namosain untuk naik kapal menuju Semau.

Setelah tiba di Dermaga Haensisi, Semau, Viktor dan keluarga disambut tutur adat Helong (Basan) yang dituturkan oleh tokoh adat Helong, Yunus Pong. Kemudian tokoh adat Rote, Laazar Koen.

Baca Juga :  Telkomsel Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Kepala Desa Otan, Kecamatan Semau Yos Lasi mengatakan dari Dermaga, rombongan akan menuju Desa Huilelot. Di sana mereka disambut tokoh Adat Helong Piter Pong dan tokoh adat Rote Yosep Hun.

Di Huilelot adalah tempat tinggal pertama marga Laiskodat saat datang ke Semau. Lokasi ini bernama Kampung Beringin atau Lung Nunu.

Dari sana, mereka melanjutkan perjalanan menuju Desa Otan, dan akan disambut oleh kepala marga (Kaka Ama) Desa Otan dan Desa Batuinan, diiringi tarian adat Rote dan Helong.

Menurut Yos Lasi, rombongan akan tiba di rumah ibunda Viktor Laiskodat disambut sesepuh orang Helong, Salmun Bisilin dan pendeta.

Sedangkan sebelum memasuki rumah orang tuanya, Viktor Laiskodat bersama keluarga akan digelar pendinginan (hiti blingin) dan dikenakan pakaian adat kebesaran raja Semau. Setelah itu dilanjutkan dengan ibadah syukur. Acara syukuran juga diisi dengan tarian dari dua suku besar tersebut yakni Tari Lii Ngae asal Semau dan Tari Kebalai asal Rote. (gma)
`

Baca Juga :  NTT Buka Rekening Tali Kasih untuk Palu, Sudah Terkumpul Rp500 Juta

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda