Home / Nasional / PU Bangun MCK Plus Bernilai Rp400 Juta di Bakunase

PU Bangun MCK Plus Bernilai Rp400 Juta di Bakunase

Bagikan Halaman ini

Share Button
MCK Plus/Foto: Gamaliel

MCK Plus/Foto: Gamaliel

Kupang—Lintasntt.com: Satuan Kerja (satker) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Nusa Tenggara Timur bersama Dinas Kimpraswil Kota Kupang membangun MCK Plus bagi warga Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja senilai Rp400 juta.

Proyek yang didanai anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) ini diserahkan kepada Lurah Bakunase, Rince Kaseh, SE, Jumat (27/3). MCK Plus terdiri dari empat kamar mandi, empat water closed (WC) yang dibangun terpisah, dan tempat cuci.

Di bagian tengah bangunan terdapat instalasi pengolahan air limbah mengunakan teknologi biodigester yang akan memisahkan feses dari air. Karena proses pembusukan feses akan menghasilkan gas metana dan bisa langsung dimanfaatkan untuk bahan bakar.

Baca Juga :  Rabu, Kapal Feri tidak Berlayar ke Alor dan Sabu

Kasatker PLP Dinas Pekerjaan Umum NTT 2013, Ir Suhartino Welo mengatakan untuk menghasilkan gas, feces yang tertampung minimal mencapai 1.000 kilogram.Sedangkan air akan masuk ke dalam septic tank bertingkat yang kemudian diolah sebelum dibuang. “Sistem ini sudah ramah lingkungan,” ujarnya.

Menrutnya, air yang dibuang tidak akan mencemari lingkungan. Akan tetapi untuk membuktikan air yang dibuang tersebut mengandung aman terhadap lingkungan, akan dilakukan penelitian laboratorum. “Kita ingin memberikan contoh bahwa sistem ini ramah lingkungan,” tandasnya. (gama)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda