Home / Nasional / Presiden Direncanakan Letakan Batu Pertama Bendungan Napunggete

Presiden Direncanakan Letakan Batu Pertama Bendungan Napunggete

Ilustrasi; Bendungan Raknamo/Foto: Gamaliel
Ilustrasi; Bendungan Raknamo/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTT Andre Koreh mengatakan peletakan batu pertama pembangunan Bendungan Napunggete dilakukan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Hari Nusantara di Lembata 13 Desember 2016.

“Peletakan batu pertama Bendungan Napunggete di Lembata sedangkan peletakan batu pertama Jembatan Pancasila di Larantuka dilakukan dalam satu hari,” kata Andre kepada lintasntt.com di Kupang, Rabu (31/8/2016).

Lokasi pembangunan Bendungan Napunggete di Desa Ilimedo, Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka merupakan bendungan ketiga dari tujuh bendungan yang dibangun di NTT sampai 2019.

Dua bendungan yang sedangkan dalam pelaksanaan pembangunan ialah Raknamo di Kabupaten Kupang dan Rotiklot di Kabupaten Belu.

Napunggete dibangun di lahan seluas 161,61 hektare, panjang 560, 97 meter dan lebar puncak 6.00 meter. Sesuai data yang diperoleh, bendungan ini akan menyediakan air bersih 200 liter per detik, mengairi areal pertanian seluas 230 hektare, serta dimanfaatkan unttuk sumber tenaga listrik berkapasitas 1 Megawatt (Mw).

Baca Juga :  Perahu Pengangkut Cabe Nyaris Tenggelam di Kupang

Adapun peletakan batu pertama Jembatan Pancasila akan dilakukan di Pantai Palo, Kelurahan Sarotari Tengah, Kecamatan Larantuka, Flores Timur.

Jembatan ini memiliki panjang 800 meter, membentang di atas Selat Gonzalu yang memisahkan Flores dan Adonara. Lebar 24 meter, dan tinggi 40 meter. Jika ditambah bangunan pendukung, panjang jembatan akan menjadi 1.200 meter. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda