Home / Hukum / Polisi Tetapkan 8 Tersangka Kasus Dugaan Pungli di Tenau

Polisi Tetapkan 8 Tersangka Kasus Dugaan Pungli di Tenau

Jumpa Pers Penetapan Tersangka Kasus Dugaan Pungli
Jumpa Pers Penetapan Tersangka Kasus Dugaan Pungli

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan delapan tersangka dalam kasus dugaan punggutan liar (pungli) terhadap penumpang kapal di Pelabuhan Tenau Kupang, Rabu (20/9/2017).

Delapan tersangka itu ialah Kepala Bagian Operasional PT Pelni Cabang Kupang berinsial HP, dan tujuh pegawai hononer yakni AL, RD, ML, GB, NAS, KIB, dan ID. Para tersangka ditahan.

Mereka disangka melanggar Pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi yang diubah dan ditetapkan dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP dan Pasal 368 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara,

“Awalnya kami bawa 13 orang ke kantor, termasuk dua orang penumpang sebagai penumpang dan saksi korban untuk diperiksa dan dimintai keterangannya. Setelah diperiksa, ternyata delapan orang ini memenuhi unsur berdasarkan dua alat bukti sehingga kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Jules Abraham Abast dalam jumpa pers, Rabu sore.

Baca Juga :  Pria Ini Dibunuh Karena Merusak Patung Bunda Maria

Dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar pada Selasa (19/9) sekitar pukul 14.30 Wita, polisi mengamankan enam petugas lapangan dan lima pegawai dan barang bukti berupa uang Rp10 juta, kertas catatan, telepon genggam, dan tally sheet barang. Adapun pegawai Pelni lainnya masih menjalani pemeriksaan. (gma)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda