Home / Daerah / Polda NTT Datangkan ‘Sea Reader’ Buru Penyelundup Narkoba

Polda NTT Datangkan ‘Sea Reader’ Buru Penyelundup Narkoba

Kapolda NTT Irjen Raja Erizman/Foto: Lintasntt.com
Kapolda NTT Irjen Raja Erizman/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) menambah armada kapal untuk Direktorat Polisi Perairan (Polair) yang akan dimanfaatkan untuk memburu penyelundup narkoba.

Kapolda NTT Irjen Raja Erizman mengatakan wilayah NTT telah menjadi target penyelundupan narkoba. Awalnya penyelundup memasok narkoba lewat angkutan udara dan pintu perlintasan antarnegara.

Namun setelah pintu masuk narkoba diperketat, kini para penyelundup mulai memanfaatkan jalur laut. “Dari pelaku-pelaku jaringan yang kita tangkap, dan data yang kita petakan, mereka masuk ke NTT melalui jalur laut,” kata Irjen Raja Erizman kepada wartawan, Sabtu (3/2/2019).

Menurutnya, armada yang didatangkan untuk memperkuat Polair tersebut yakni ‘Sea Reader’ dan kapal lainnya.
Saat ini Direktorat Polair memiliki sejumlah kapal namun dengan jarak tempuh yang masih terbatas. Diharapkan, armada baru tersebut akan membantu mengintensifkan patroli di laut.

Baca Juga :  NTT Berubah Secara Fisik dan Nonfisik

Menurut Irjen Raja Erizman, beberapa waktu lalu, para penyelundup berpindah dari pintu masuk biasanya ke Maumere, Kabupaten Sikka, namun mereka ternyata hanya mengelabui polisi. “Maumere itu bukan pintu masuk, tetapi setelah pintu masuk penyelundupan narkoba diperketat, mereka masuk ke Maumere,” ujarnya.

Sesuai data Polda NTT, selama 2018 tercatat 10 kasus narkoba ditangani polda, enam di antara 10 kasus ini diselundupkan ke NTT lewat jalur laut. Polisi juga memperketat pengawasan di darat terutam penumpang kapal dari luar daerah serta di pintu perlintasan RI-Timor Leste. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda