Home / Daerah / PLN NTT Serah Terima COD PLTS Atambua

PLN NTT Serah Terima COD PLTS Atambua

Foto: PT PLN IUW NTT
Foto: PT PLN IUW NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) membeli listrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk menambah energi baru terbarukan (EBT).

?Pembelian ditandai dengan dilakukannya serah terima berita acara (BA) Tanggal Operasi Komersial (COD) PLTS Atambua kapasitas 1 MWp antara PT PLN (Persero) UIW NTT dengan PT Global Karya Mandiri di Kantor PLN UIW NTT, Selasa (30/07/2019).

“Saat ini kita serah terima dokumen COD Energi Baru Terbarukan dan PLTS ini juga sudah beroperasi secara komersial (COD) sejak 14 Juli 2019. Dengan bertambahnya “renewable energy” tentunya bermanfaat bagi daerah perbatasan. Karena targget kami terus menambah rumah tangga berlistrik untuk menaikan rasio elektrifikasi (RE) NTT dari saat ini 73%, sesuai target kami 90% sampai dengan akhir tahun 2019,” kata General Manager PT PLN (Persero) UIW NTT Ignatius Rendroyoko saat menyampaikan sambutan pada acara serah terima tersebut.

Baca Juga :  Hingga Sabtu Siang, Gempa Susulan di Kupang Capai 27 Kali

Senada dengan hal tersebut, Kasubdit Pelayanan dan Pengawasan Usaha Aneka EBT Mustaba Ari Suryoko, ST, MT menyampaikan selamat kepada PT Global atas beroperasinya PLTS Atambua.

“Saat ini concern EBTKE target RE NTT dan Komitmen pemerintah pada tahun 2025 target bauran energi sebesar 23%, diantaranya energi surya 3,65 GW , dan saat ini 0,05%. Semoga keberadaan PLTS ini lebih produktif digunakan oleh pelanggan,” ujar Ari.

PLTS Atambua berlokasi di Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Belu. Pekerjaan pembangunan PLTS ini akan beroperasi efektif sejak September 2016 dan mampu menghasilkan energi listrik sebesar ±1.551.250 kWh per tahun atau sebanding dengan ±5.640.900 liter solar per tahun.

Baca Juga :  Dua Hari Sampah di Kelurahan Liliba Tidak Diangkut

Listrik yang dihasilkan PLTS Atambua akan disalurkan melalui jaringan distribusi 20 kilo Volt (kV) ke Gardu Induk (GI) Atambua dan menambah pasokan daya pada sistem Timor. PLTS Atambua mampu melistriki kurang lebih 4.444 kepala keluarga pelanggan listrik 900 VA.

Beroperasinya IPP PLTS Atambua ini berpotensi mengurangi BPP (biaya pokok penyediaan) kurang lebih ±Rp 592 Juta per tahun.

Sementara Direktur Utama PT Global Karya Mandiri Lissa Imelia berterima kasih kepada PLN atas kerjasama dengan beroperasinya PLTS Atambua 14 Juli 2019 lalu. “Semoga bauran energi di Umanen ini dapat bermanfaat dan menjadi semangat kami menambah bauran energi lagi nantinya,” kata Lisa. (pln)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda