Home / Daerah / PLN Amankan Pasokan Listrik Selama Kunjungan Presiden di Labuan Bajo

PLN Amankan Pasokan Listrik Selama Kunjungan Presiden di Labuan Bajo

Foto: PLN
Foto: PLN

Bagikan Halaman ini

Share Button

Labuan Bajo Dijuluki Kawasan Wisata Super Prioritas dan Bali Baru

Labuan Bajo–PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengamankan pasokan listrik selama kunjungan kerja (kunker) Presiden Joko Widodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Minggu (19/1) hingga Selasa (21/1).

Kunjungan presiden ke kawasan wisata super premium tersebut merupaan ketiga kalinya, dalam rangka
meninjau pembangunan terminal multipurpose Labuan Bajo, kawasan Puncak Waringin, serta meresmikan sarana pendukung pariwisata.

Pegawai PLN mengamankan pasokan listrik di beberapa titik yang dikunjungi Jokowi, mulai dari di Bandara Komodo, Hotel Ayana, Hotel Inaya Bay Komodo, Atlantis Komodo Resort, Plataran Komodo, Kantor Bupati, Rencana Pelabuhan Multifungsi-Waeklambu, dan Puncak Waringin.

“Labuan Bajo sudah ditunjuk RI 1 menjadi kawasan wisata super prioritas/ premium yang artinya , PLN harus siap mengamankan pasokan listrik cukup, handal, dan berkualitas dalam perkembangannya karena akan menjadi penyangga pertumbuhan perekonomian di kawasan ini,” kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Ignatius Rendroyoko.

Baca Juga :  Gubernur NTT: Sensus Penduduk untuk Desain Perencanaan Pembangunan

Dengan tambahan sebagai salah satu destinasi Bali Baru seperti di Labuan Bajo ini, tentunya PLN harus bisa membangun infrastruktur kelistrikan dengan kapasitas dan kontinuitas yang prima dan mengoperasikan layanan ketenagalistrikan yang ekselen di Kawasan Super Premium.

Dalam tiga hari ini PLN sudah berhasil mengamankan pasokan listrik di 8 lokasi yakni pertama, di Lokasi Bandara Komodo dengan supply utama Penyulang bandara sebesar 865 kVA, cadangan Penyulang Sylvia dan Genset 650 kVa.

Kedua, Hotel Ayana dengan suplay utama Penyulang Sylvia daya 1,11 MVA, cadangan penyulang bandara dan Genset 700 kVa.

Ketiga, Hotel Inaya Bay Komodo dengan supply utama Penyulang Marina (555KVA) cadangan penyulang kampung ujung dan Genset 1.500 kVa.

Keempat, Atlantis Komodo Resort dengan supply utama 105 KVA, cadangan Penyulang Nanganae dan Genset 100 kVa.

Kelima, Plataran Komodo dengan supply utama Penyulang Sylvia daya 197 KVA, cadangan Penyulang Kampung Ujung, Mobile UPS 100 kW dan Genset 200 kVA.

Keenam, Kantor Bupati dengan supply utama penyulang Bupati daya 105 kVA, cadangan Penyulang Bandara dan Genset 250 kVA, Ketujuh Pelabuhan Waeklambu dengan supply utama Genset 100 kVA dan Kedelapan, Puncak Waringin dengan Genset 3500VA.

Baca Juga :  Gedung Kantor Gubernur NTT Retak akibat Gempa

Selama kunjungan, PLN mendukung pasokan listrik tetap andal untuk mengawal suksesnya acara kunjungan kerja Presiden Joko Widodo.

Diketahui Sistem Kelistrikan Manggarai dipasok oleh beberapa pembangkit yaitu PLTMG Rangko dan PLTP Ulumbu melalui jaringan transmisi 70 kV.

Selain kedua pembangkit ini, masih ada mesin diesel PLN yang dapat memberikan backup apabila terjadi gangguan pasokan tenaga listrik dari PLTMG Rangko dan PLTP Ulumbu.

Turut mendampingi Presiden RI antara lain, Mensesneg Pratikno bersama Istri, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pariwisata Wisnutama, Wakil Menteri ATR BPN Surya Tjandra, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Kepala BNPP Marsdya TNI Bagus Puruhito, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto. (pln)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda