Home / Nasional / Peternak NTT Kembali Kirim Sapi ke Jakarta

Peternak NTT Kembali Kirim Sapi ke Jakarta

Peternakan Sapi/Foto: Pixabay.com
Peternakan Sapi/Foto: Pixabay.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Peternak sapi di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengirim sapi ke DKI Jakarta setelah sebelumnya terhenti akibat persoalan harga.

Pengiriman sapi dijadwalkan awal Februari 2016 sekitar 450 ekor menggunakan Kapal Ternak Camara Nusantara 1. Kapal dijadwalkan tiba di Kupang 31 Januari.

Namun Kepala Dinas Peternakan NTT Dany Suhadi belum memastikan persoalan harga yang dikeluhkan peternak diselesaikan. Peternak mengeluh karena harga per kilogram sapi hidup di Jakarta sebesar Rp35.000. Namun harga yang ditawarkan perusahaan pemasok sapi ke pasar sekitar Rp45.000 per kg.

Peternak menilai harga Rp35.000 kg per itu dinilai sangat murah yang mengakibatkan mereka merugi. Berbeda dengan harga per kilogram sapi hidup yang dijual peternak ke sejumlah daerah di Kalimantan sekitar Rp50.000.

Baca Juga :  PDIP Ingatkan Peran Jusuf Kalla Menangi Komodo

“Harga Rp35.000 per kilogram itu harga beras sapi total. Kan belum dikurangi dengn berat tulang, kulit, air dan lainnya,” kata Dany seperti diberitakan Media Indonesia.

Terkait persoalan tersebut, Direktur Jenderal Peternakan, Kementerian Pertanian Muladno datang ke Kupang sejak Kamis (21/1) untuk menggelar pertemuan bersama dinas peternakan dan peternak.

Dany mengatakan pertemuan itu untuk konsolidasi terbaik bagi peternak demi memperkuat distribusi ternak. “Dirjen Peternakan juga melihat keberadaan sapi dan program 2016,” ujarnya.

Ia mengatakan kapal Camara Nusantara 1 yang pulang dari Kupang tanpa mengangkut sapi pada akhri Desember 2015 bukan disebabkan penolakan nelayan menjual sapi, melainkan saat ini warga sibuk mempersiapkan perayaan Hari Natal sehingga tidak mengeluarkan sapi. “Ketika itu warga sibuk mempersiapkan perayaan nata. Bukan karena tidak ada ternak,” tandasnya. (sumber: media indonesia/palce amalo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda