Home / Daerah / Peserta Upacara Hari Jadi Kefamenanu ke-97 Kenakan Pakaian Adat

Peserta Upacara Hari Jadi Kefamenanu ke-97 Kenakan Pakaian Adat

Foto: dok.lintasntt.com
Foto: dok.lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kefamenanu–Puncak Hari Jadi  Kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) ke-97 ditandai dengan upacara dalam suasana khidmat, Minggu (22/9) siang.

Peserta upacara dan undangan mengenakan pakaian adat dari tiga wilayah besar di daerah itu yakni Miomafo, Insana dan Biboki, termasuk inspektur upacara Bupati TTU Raymundus Fernandez mengenakan pakaian adat motif Insana.

Seluruh undangan pun mengenakan pakaian adat, termasuk Bupati Sumba Timur Gideon Mbilijora yang mengenakan pakaian adat yang sama seperti yang dikenakan Bupati Raymundus. Upacara juga diisi lagu-lagu daerah yang dinyanyikan puluhan siswa yang juga mengenakan pakaian adat.

Bupati Raymundus mengatakan salah tujuan peserta upacara mamakai pakaian adat ialah melestarikan warisan leluhur masyarakat daerah itu. “Tidak boleh malu mengenakan perangkat-perangkat adat yang diwariskan nenek moyang kita,” katanya kepada wartawan seusai upacara.

Baca Juga :  Gubernur Viktor Laiskodat Tiba dengan Jet Pribadi

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem NTT itu, pengaruh zaman tidak boleh menghilangkan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun. Sebaliknya menjunjung tinggi setiap warisan budaya, karena menjadi kekuatan dalam menghadapi persaingan di masa mendatang seperti pengaruh budaya asing.

Karena itu, lanjut Dia, pada upacara hari jadi Timor Tengah Utara, dijadikan sebagai kebangkitan masyarakat daerah itu untuk melestarikan budaya. “Pemerintah daerah ingin menyampaikan kepada publik dan masyarakat agar tidak lupa terhadap budaya mereka meskipun zaman sudah canggih,” ujarnya.

Kerena itu lewat semangat perayaan ulang tahun tersebut, Raymundus ingin menjadikannya sebagai kebangkitan masyarakat Timor Tengah Utara melestarikan budaya yang mereka miliki.

Baca Juga :  Jokowi: Kunci Kemakmuran NTT adalah Air

“Dalam rangka perayaan ulang tahun, ada banyak kegiatan mulai dari pemeran pembangunan dan pasar rakyat yang berhubungan dengan kreativitas yang memacu bakat orang muda untuk lebih percaya diri,” katanya. (mi/gma)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda