Home / Dunia / Pesawat Supersonik Komersial Akan Dibuat Tanpa Jendela

Pesawat Supersonik Komersial Akan Dibuat Tanpa Jendela

Bagikan Halaman ini

Share Button
Pesawat Supersonik/Foto: ist

Pesawat Supersonik/Foto: ist

Lintasntt.com: Lebih dari 40 tahun lalu, pesawat supersonik Concord telah diberhentikan, setelah banyaknya kecelakaan yang terjadi. Salah satu masalah yang dialami Concord adalah dentuman sonik, suara mengganggu yang dihasilkan gelombang listrik.

Hal tersebut terjadi, ketika kecepatan sebuah benda melebihi kecepatan suara. Kini beberapa perusahaan dirgantara kembali mengembangkan pesawat supersonik, yang akan menghilangkan efek tersebut.

Dua di antaranya adalah Aerion Corporation, yang akan membuat sebuah jet komersil yang akan mencapai kecepatan 1,6 March, dan siap dirilis tahun 2020. Sedangkan Spike Aerospace mengumumkan rencananya membuat S-512, sebuah jet bisnis yang mampu mencapat kecepatan 1,8 March pada tahun 2018.

Perusahaan Spike Aerospace, rencanany membangun pesawat tanpa jendela, yang tujuannya mengurangi suara dentuman sonik yang dihasilkan.

Baca Juga :  Abu Sayyaf Bunuh Satu Sandera

Namun kecepatan yang dihasilkan kedua pesawat supersonik ini, tidak jauh berkembang ketika pesawat Concord terbang di langit. Hal tersebut karena efisiensi bahan bakar yang dilakukan. Karena bahan bakar yang akan terbakar lebih cepat, jika pesawat melebihi kecepatan tersebut.

Demikian juga dengan bagian sayap, kedua perusahaan ini akan menggunakan sayap lebih tipis dan pendek dari sayap biasa. Dan terbukti mampu mengurangi gesekan sebesar 80 persen, serta daya tarik pesawat meningkat sekitar 20 persen.

Namun untuk masalah ledakan sonik masih belum terpecahkan sepenuhnya. Tapi mereka kini tengah mengembangkan untuk mengurangi keadaan tersebut. (sumber: exspresiku.blogspot.com)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda