Home / Bisnis / Pertumbuhan Ekonomi NTT Triwulan I-2019 Capai 5.09%

Pertumbuhan Ekonomi NTT Triwulan I-2019 Capai 5.09%

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTT Maritje Pattiwaellapia (tengah). Foto: Lintasntt.com
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTT Maritje Pattiwaellapia (tengah). Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Timur (NTT) merilis angka Produk Domestik Bruto (PDB) pada triwulan I-2019, Senin (6/5).

BPS setempat mencatat pertumbuhan ekonomi daerah itu pada triwulan I-2019 mencapai 5,09% jika dibandingkan dengan Triwulan I-2018.

Pertumbuhan ekonomi positif terjadi hampir pada seluruh kategori lapangan usaha, kecuali lapangan usaha pertanian mengalami pertumbuhan negatif 1,96%.

Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai lapangan usaha perdagangan besar besar dan eceran serta reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 9,58%. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen ekspor yang bertumbuh sebesar 19,89%.

“Cuaca buruk, banjir, dan bergeseran musim tanam mengakibatkan penurunan produksi pertanian,” kata
Kepala BPS NTT Maritje Pattiwaellapia.

Baca Juga :  Ace Dan Informa Hadir di Kota Kupang

Jika dibandingkan dengan Triwulan IV 2018 (q to q), menurut Maritje, perekonomian NTT Trwulan I-2019 mengalami kontraksi sebesar minus 5,62%. Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha jasa dan keuangan sebesar 2,89%. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen lembag non profit yang melayani rumah tangga sebesar 2,97%. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda