Home / Nasional / Pertamina Akan Bangun Depo di Rote dan Sabu

Pertamina Akan Bangun Depo di Rote dan Sabu

Bagikan Halaman ini

Share Button
Ilustrasi Depo Pertamina Tenau Kupang/Foto: Gama

Ilustrasi Depo Pertamina Tenau Kupang/Foto: Gama

Kupang—Lintasntt.com PT Pertamina (Persero) akan membangun dua depo di Pulau Rote dan Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengakhiri kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) yang berlangsung selama bertahun-tahun.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi NTT Thobias Uly mengatakan depo BBM tersebut akan menampung bahan bakar solar dan bensin untuk kebutuhan antara 3-4 bulan.

“Depo ini akan dibangun bersama pelabuhan sehingga diharapkan kelangkaan BBM di dua pulau itu segera teratasi,” kata Thobias di Kupang, Jumat (24/4). Ia mengatakan kelangkaan BBM terjadi akibat gelombang tinggi yang memaksa perahu motor pengangkut BBM tidak berlayar.

Kondisi seperti itu memicu naiknya harga BBM di tingkat pengecer sampai 100 persen serta mengakibatkan aktivitas ekonomi terganggu. Ia mengatakan kapasitas depo akan disesuaikan dengan kebutuhan bahan bakar di daerah tersebut.

Baca Juga :  Tiga Tahun Selundupkan TKI Ilegal, Suami-Istri asal Noelbaki Ditangkap

Di Rote misalnya, kebutuhan bensin per bulan berjumlah 50 kiloliter atau 4.500 kiloliter selama tiga bulan.

Menurut Thobias, PT Pertamina akan bekerja bersama pemerintah daerah untuk pengadaan tanah, tempat pembangunan depo. Jika pengadaan tanah sudah selesai, pembangunan depo akan berjalan lancar.

Selain itu, Pertamina juga merencakan membangun dua depo lagi di Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya. Selama ini kebutuhan BBM di Manggarai Barat didatangkan dari sebuah depo di Reo, Kabupaten Manggarai, sedangkan kebutuhan BBM untuk Sumba Barat didatangkan dari depo Pertamina di Kabupaten Sumba Timur. Pemerintah Provinsi NTT mendukung penuh program pembangunan depo tersebut. (gamaliel)

 

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda