Home / Hukum / Peredaran Narkoba Sudah Sampai ke Bajawa

Peredaran Narkoba Sudah Sampai ke Bajawa

VS (tengah) Pengedar Narkoba Jenis Sabu di Bajawa/Foto: Gamaliel
VS (tengah) Pengedar Narkoba Jenis Sabu di Bajawa/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Peredaran Narkoba jenis sabu yang sebelumnya hanya ditemukan di Timor, Sumba dan Manggarai Barat, kini sudah merambah hingga daerah lainnya di Flores.

Direktur Reserta Narkoba Polda NTT Kombes Turman Siregar mengatakan peredaran sabu sudah sampai ke Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada. Ia juga menduga kuat narkoba juga diedarkan di Maumere, Kabupaten Sikka.

‘Pada 11 April 2017 terjadi transaksi narkotika jenis sabu oleh VS dan jaringanya di Bajawa, dan dilakukan penangkapan pada 12 April. VS ditangkap di depan toko miliknya,” kata Kombes Turman Siregar dalam jumpa pers di Kupang, Rabu (19/4).

Menurutnya, penangkapan terhadap VS yang juga pemilik salah satu toko di Jalan S Parman, Kelurahan Lebijaga, Kecamatan Bajawa tersebut atas laporan warga.

Baca Juga :  Demonstran Bakar Dua Truk Brimob di Depan Istana

Menurutnya, saat digeledah, polisi menemukan paket sabu yang diselipkan dalam bungkus rokok. Kepada polisi, VS mengaku paket sabu itu miliknya. Polisi juga menyita barang bukti berupa telepon genggam, pipet, dan alat timbang.

Saat ini polisi sedang memburu seorang lagi yang diketahui membawa sabu tersebut dari Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Turman saat penangkapan, Sabu sudah tiga hari tiba di Bajawa. Sabu tersebut masuk dari Kabupaten Ende kemudian dibawa ke Bajawa dan Maumere, Kabupaten Sikka. “Saat ini kami baru mengungkap yang ada di Bajawa,” ujarnya.

VS disangka melanggar pasal 112 ayat 1 Undang-Undang Nomor Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal empat tahun dan maksimal delapan tahun. Ia juga terancam denda Rp800 juta sampai Rp8 miliar. (gma)

Baca Juga :  Polda NTT Tangkap 3 Pengedar Narkoba di Labuan Bajo

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda