Home / Daerah / Percepat Imunisasi MR, Puskesmas Buka Posko di Gereja

Percepat Imunisasi MR, Puskesmas Buka Posko di Gereja

Posko MR di Gereja/Foto: Dinkes Kota Kupang/Sri Wahyuni
Posko MR di Gereja/Foto: Dinkes Kota Kupang/Sri Wahyuni

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Seluruh Puskesmas di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) membuka posko pelayanan imunisasi Measles-Rubella (MR) di lokasi strategis, seperti di halaman gereja,” Minggu (23/9).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang dokter Ari Wijana berharap posko imunisasi MR mendekatkan petugas kesehatan dengan anak-anak sehingga seluruh kelompok sasaran di kota itu diberi vaksin MR. “Pembukaan posko ini instruksi untuk mempercepat cakupan imunisasi MR,” kata dokter Ari.

Sampai Minggu, cakupan imunnisasi MR di Kota Kupang baru mencapai 81,09%. Padahal sisa waktu yang ditentukan pemerintah untuk imunisasi MR tujuh hari lagi. Dinas Kesehatan juga bertekad mencapai prosentase imunisasi MR 100% sampai 30 September 2018.

Selain itu, petugas puskemas juga membuka posko di kantor-kantor lurah, posyandu, lembaga pemasyarakatan (LP) anak, dan tempat-tempat umum lainnya sampai 29 September mendatang. “Tekad kita imunisasi MR di Kota Kupang 100%,” tambahnya.

Baca Juga :  Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Kupang

Pada Minggu pagi, sebanya, 18 posko dibangun di halaman gereja, satu posko dibagun di kawasan LP anak, dan halaman rumah warga atau ketua rukun tetangga (RT).

Sementara itu cakupan imunisasi MR 11 kabupaten dan kota di daerah itu sudah di atas 80% dan 11 kabupaten lainnya di atas 70%. Cakupan tertinggi terdapat di Kabupaten Timor Tengah Utara 100,9%, Ngada 89,6%, Ngada 87,7%, Sikka dan Manggarai Timur masing-masing 87,1%, dan Sumba Timur 86,6%. Cakupan imunisasi MR terendah di Kabupaten Alor dan Manggarai Barat masing-masing 72,7% dan 74%. Untuk cakupan imunisasi MR tingkat provinsi tercatat 82,05% atau 1.430.466 anak. (sumber: mi/palce amalo)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda