Home / Nasional / Perbatasan RI-Timor Leste Tutup Selama 2 Bulan

Perbatasan RI-Timor Leste Tutup Selama 2 Bulan

Rapat Pencegahan Vrus Korona
Rapat Pencegahan Vrus Korona

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang– Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat mengatakan penutupan seluruh pintu perlintasan antara Indonesia dan Timor Leste hanya berlaku untuk lalulintas manusia, berlangsung selama dua bulan dari rencana semula 14 hari.

Sedangkan lalulintas bahan kebutuhan pokok dari Indonesia ke Timor Leste tetap berjalan seperti biasa, namun diawasi ketat.

Penutupan perbatasan merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah mencegah penyebaran virus korona, akan diumumkan dalam rapat lanjutan kelompok kerja percepatan penanganan virus korona pada Selasa (17/3).

Laiskodat mengatakan hal itu setelah mendengar masukan dari pimpinan berbagai instansi yang bertugas di wilayah perbatasan, dinas kesehatan, TNI, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili dan Konsulat Timor Leste di Kupang dalam rapat di Kantor Gubernur NTT, Senin (16/3).

Baca Juga :  Investor Tiongkok Tertarik Kelola Air Baku di Kali Liliba dan Dendeng

Rapat tersebut bertujuan menyamakan presepsi di antara pimpinan instansi untuk mencegah penyebaran virus korona ke wilayah NTT.

Menurutnya persiapan harus dilakukan karena jika ada warga yang tiba-tiba terpapar korona dan jumlahnya mencapai ratusan orang, daerah tidak punya cukup dokter dan ruangan untuk menangani pasien secara baik.

“Karena itu cara yang paling murah ialah menutup diri secara pribadi maupun secara organisasi daerah. Penutupan perbatasan bertujuan agar NTT dan Timor Leste sama-sama menjaga diri, serta masyarakat bekerja secara tenang,” ujarnya.

Konsul Republik Demokratik Timor Leste di Kupang, Jesuino Dos Reis Matos mengatakan pemerintah negaranya tidak mempersoalkan penutupan perbatasan. “Ini demi kepentingan bersama. Tidak masalah, lebih baik kita mengantisipasi. Pemerintah Timor Leste juga bilang kalau perlu kita juga mengisolasikan diri,” ujarnya. (sumber: mi/palce)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda