Home / Politik / Perbaikan Pemilih Ganda di NTT Belum Rampung

Perbaikan Pemilih Ganda di NTT Belum Rampung

pilkada langsung

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

Kupang–KPU kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerja ekstra untuk memperbaiki temuan pemilih ganda yang mencapai 13.963 orang.

Puluhan ribu pemilih ganda tersebut ditemukan oleh Bawaslu di 21 dari 22 kabupaten dan kota.

“Proses perbaikan sedang berlangsung dan baru akan rampung pada 18 April,” kata Komisioner KPU Kabupaten Alor Okto Manehat, Minggu (15/4). Sesuai laporan Bawaslu NTT pemilih ganda di Alor sebanyak 350 orang, namun hasil temuan KPU dipastikan lebih dari angka itu.

Di Kota Kupang, hasil temuan Bawaslu menyebutkan pemilih ganda sebanyak 302 orang, namun hasil temuan KPU setempat mencapai 8.000 orang.

“Ada temuan pemilh ganda antarkelurahan, antarkecamatan, dan juga antarkabupaten dan kota,” kata Komisioner KPU Kota Kupang Lodovikus Frederik.

Baca Juga :  Ini 9 Kesimpulan Rapminas PD yang Dibaca SBY

Menurutnya Panitia Pemunggutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah menggelar pleno terkait perbaikan pemlih ganda tersebut, namun KPU kembali melakukan perbaikan karena ada pemilih yang luput dari rekapan petugas.

Menurut Dia, pleno perbaikan pemilih akan digelar pada 19 April pagi, atau beberapa jam jelang KPU provinsi menggelar penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT 2018.

Tidak hanya pemilih ganda, KPU kabupaten dan kota juga melakukan perbaikan terhadap pemilih di bawah umur, pemilih pindah domisili, pemilih tidak dikenali, serta anggota TNI dan Polri yang namanya ada dalam daftar pemilih sementara (DPS).

Perbaikan juga dilakukan terhadap pemilih yang sudah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) tetapi identitasnya tidak masuk dalam DPS berjumlah 36.160 orang. (mi/palce amalo)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda